Jumlah Baut Roda Mobil Ternyata Tak Seragam, Ini Alasannya

Oleh Liputan6.com pada 18 Agu 2021, 14:03 WIB
Diperbarui 18 Agu 2021, 14:03 WIB
Pelek
Perbesar
Pelek dengan 5 baut (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap mobil memiliki jumlah baut roda yang berbeda-beda. Ternyata ada alasan mengapa jumlahnya tak seragam.

Melansir zigwheels.co.id, jumlah baut roda yang tidak sama bukan karena dipengaruhi berat mobil semata, namun sangat terkait erat dengan performa. Inilah yang menjadi pertimbangan dalam menentukan jumlah baut roda.

Begitu juga dengan Pitch Circle Diameter (PCD) atau diameter lingkar posisi baut. Setiap pelek mobil dapat berbeda.

Misalnya PCD 4 x 100mm, ini artinya ada 4 baut diposisikan dengan diameter 100mm. Ukuran tersebut biasanya ditentukan oleh masing-masing pabrikan.

PCD berhubungan erat dengan pergerakan kendaraan karena distribusi berat dapat berubah dan roda harus mampu menopang perubahan tersebut. Jadi PCD tiap mobil perlu disesuaikan dengan berat, tipe, serta performa mobil.

Contohnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dengan mesin 1.500cc-nya. Keduanya menampung 7 penumpang dan sama-sama memiliki PCD 4 x 114.3 mm.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Perhatikan Ukuran

Meski di segmen yang sama, Avanza dan Xenia memiliki perbedaan PCD dengan Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga yang memiliki lima baut roda karena punya bodi dan bobot lebih besar.

Karena itu ketika ingin mengubah atau menganti pelek mobil perlu memperhatikan ukuran dan jumlah PCD bawaan mobil. Jika tidak, maka roda akan sulit terpasang dan tidak dapat berputar optimal.

Sumber: Otosia.com


Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya