Sukses

Jumlah Baut Roda Mobil Ternyata Tak Seragam, Ini Alasannya

Setiap mobil memiliki jumlah baut roda yang berbeda-beda. Ternyata ada alasan mengapa jumlahnya tak seragam

Liputan6.com, Jakarta - Setiap mobil memiliki jumlah baut roda yang berbeda-beda. Ternyata ada alasan mengapa jumlahnya tak seragam.

Melansir zigwheels.co.id, jumlah baut roda yang tidak sama bukan karena dipengaruhi berat mobil semata, namun sangat terkait erat dengan performa. Inilah yang menjadi pertimbangan dalam menentukan jumlah baut roda.

Begitu juga dengan Pitch Circle Diameter (PCD) atau diameter lingkar posisi baut. Setiap pelek mobil dapat berbeda.

Misalnya PCD 4 x 100mm, ini artinya ada 4 baut diposisikan dengan diameter 100mm. Ukuran tersebut biasanya ditentukan oleh masing-masing pabrikan.

PCD berhubungan erat dengan pergerakan kendaraan karena distribusi berat dapat berubah dan roda harus mampu menopang perubahan tersebut. Jadi PCD tiap mobil perlu disesuaikan dengan berat, tipe, serta performa mobil.

Contohnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dengan mesin 1.500cc-nya. Keduanya menampung 7 penumpang dan sama-sama memiliki PCD 4 x 114.3 mm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ukuran

Meski di segmen yang sama, Avanza dan Xenia memiliki perbedaan PCD dengan Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga yang memiliki lima baut roda karena punya bodi dan bobot lebih besar.

Karena itu ketika ingin mengubah atau menganti pelek mobil perlu memperhatikan ukuran dan jumlah PCD bawaan mobil. Jika tidak, maka roda akan sulit terpasang dan tidak dapat berputar optimal.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini