Sukses

Lamborghini Countach Resmi Terlahir Kembali, Intip Kehebatannya

Para penggemar supercar di seluruh dunia dibuat penasaran dengan bocoran gambar Lamborghini Countach terbaru. Kini Lamborghini resmi memperkenalkan Countach LPI 800-4 yang diproduksi terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Para penggemar supercar di seluruh dunia dibuat penasaran dengan bocoran gambar Lamborghini Countach terbaru. Kini Lamborghini resmi memperkenalkan Countach LPI 800-4 yang diproduksi terbatas.

Meski modern, siluetnya masih menyiratkan Lamborghini Countach klasik yang menjadi produk ikonik Lamborghini di era 80-an dan 90-an. Mesin pada Countach terbaru masih menggunakan mesin V12 dengan teknologi hybrid supercapacitor. Nomenklaturnya dijelaskan sebagai Longitudinale Posteriore (LP) yang digabungkan dengan teknologi hybrid (I), teknologi yang sama digunakan di Sian.

Di atas kertas, mesin terbaru Countach ini dapat menghasilkan tenaga gabungan mesin konvensional dan hybridnya sebesar 802 HP dengan 769 HP dari mesin konvensional dan 33 HP dari motor listriknya. Hasilnya, Countach terbaru mampu melesat dari diam hingga 100 km per jam dalam waktu 2,8 detik dan memiliki kecepatan puncak hingga 355 km per jam.

Countach terbaru hadir dengan teknologi sasis monokok dan semua panel bodinya terbuat dari serat karbon. Dampaknya, mobil sport ini memiliki bobot 1.595 kilogram. Penggunaan serat karbon juga hadir di beberapa bagian seperti di splitter depan, di sekitar jendela depan dan kaca spion, penutup kap mesin serta di beberapa bagian interior.

Stephan Winkelmann, Presiden dan CEO Automobili Lamborghini mengungkapkan Countach terbaru adalah produk visioner layaknya sang pendahulu. Mobil ini membawa semangat Lamborghini untuk menantang batasan-batasan, dalam hal teknologi maupun desain.

“Saya membayangkan Countach terbaru ini adalah evolusi dari pendahulunya, sebuah super sport ikonik dekade ini. Model ini membawa ciri khas Lamborghini yang selalu melihat ke depan, menemukan desain baru dan teknologi untuk merayakan DNA Lamborghini,” ucap Winkelmann dalam keterangan resmi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Countach Klasik

Pada model terbaru, siluetnya tampil meyakinkan bagi para penggemar Countach klasik yang menempelnya di dinding sebagai poster mobil impian. Garis-garis tajam dari area depan hingga belakang serta garis desain tegas jadi ciri khas mobil ini. Countach LPI 800-4 seperti menggabungkan kelima model Countach klasik yang hadir selama 20 tahun.

Bagian depannya langsung memberikan kesan klasik, dengan inspirasi edisi Quattrovalvole, yang menghadirkan kap mesin berukuran panjang, grille persegipanjang yang rendah dengan lampu utama yang tersambung dengan lengkungan roda berbentuk heksagonal.

Ciri khas garis desain Countach terlihat jelas dari tarikan garis dari area depan ke belakang yang terkesan kuat. Sayap belakang ikonik di versi lama tidak digunakan, diganti menjadi air scoop terintegrasi di bagian bahu mobil yang menghadirkan kesan kekar. Desain insang Countach klasik yang khas hadir kembali untuk membantu pasokan udara ke dalam mesin.

Sisi sampingnya tampil meyakinkan berkat penggunaan pelek 20 inci di depan dan 21 inci di belakang. Desainnya pelek menurut Lamborghini dibuat dengan gaya “telepon”, meski lebih terlihat seperti kue kembang goyang bagi masyarakat Indonesia, yang dilengkapi dengan rem cakram keramik karbon, dan ban Pirelli P Zero Corsa.

Buritan LPI 800-4 sangat mudah dikenali berkat desain tajam dengan stoplamp berbentuk heksagonal berteknologi LED yang terpisah tiga unit di sisi kiri dan kanan. Bumper belakang menampilkan garis yang lebih rendah dan ramping dengan pipa knalpot empat buah yang terhubung ke diffuser belakang berbahan serat karbon.

Paling ikonik adalah akses masuk ke interior. Lamborghini kembali menggunakan scissor door yang terkenal yang dulu pertama kali dikenalkan di Countach dan menjadi ciri khas bagi produk bermesin V12.

Lamborghini memberikan interior berbahan kulit dengan warna merah dan hitam. Bahan premium ini diberikan jahitan geometris pada kursi dan dasbor yang menampilkan motif persegi yang klasik. Sisi hiburan hadir dari layar sentuh 8,4 inci yang memiliki konektivitas ke telepon genggam dan fitur Apple CarPlay.

Pemilik Countach LPI 800-4 edisi terbatas dapat memilih tampilan warna eksterior seperti Impact White yang ikonik, Giallo Countach dan Verde Medio. Mobil ini hanya dibuat dalam jumlah 112 unit, nomor tersebut menunjukkan nama proyek internal 'LP 112' yang digunakan selama pengembangan Lamborghini Countach klasik.

Rencananya, Countach LPI 800-4 akan dikirimkan mulai kuartal pertama 2022 ke pemilik di seluruh dunia. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis PPKM Diperpanjang, Perbedaan Level 3-4 di Jawa-Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.