Sukses

Mobil Listrik Masih Sepi Peminat, Negara Ini Gelontorkan Subsidi Senilai Rp 123 Juta

Pemerintah Rusia sudah menyiapkan subsidi sebesar Rp 123 juta untuk masyarakat yang akan membeli mobil listrik buatan lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen otomotif terus memacu kehadiran mobil listrik untuk memberikan pilihan baru kepada masyarakat. Tidak hanya itu, kehadiran mobil listrik juga digadang-gadang dapat memperbaiki polusi udara lantaran tidak ada emisi yang dihasilkan dari kendaraan ini.

Demi memberikan stimulus kepada masyarakatnya, pemerintah Rusia berencana untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang membeli mobil listrik. Hal ini dikarenakan permintaan untuk kendaraan listrik di negara tersebut masih sangat minim.

Subsidi tersebut diberikan oleh pemerintah untuk mobil listrik yang diproduksi secara lokal. Mengingat harga jual model tersebut masih cukup mahal, maka pemerintah Rusia akan menggelontorkan subsidi agar harga yang ditawarkan ke konsumen dapat lebih terjangkau.

Menutip Reuters, pemerintah Rusia akan menutupi sekitar 25 persen dari harga pembelian mobil listrik yang diproduksi di Rusia. Mengenai angkanya, mereka akan memangkas hingga USD 8.570 unit atau setara dengan Rp 123 Jutaan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peminat Mobil Listrik di Rusia Masih Minim

Dengan adanya stimulus melalui subsidi yang diberikan oleh pemerintah, mereka berharap akan ada peningkatan permintaan terhadap mobil listrik.

Dari perkiraan total 45 juta mobil yang dikendarai di Rusia pada tahun 2020, hanya 11.000 unit yang merupakan kendaraan listrik.

Terget pemberian subsidi ini selain untuk merangsang konsumen agar beralih ke elektrifikasi, rupanya juga sejalan dengan misi pemerintah Rusia untuk memproduksi kendaraan listrik sebesar 220 ribu unit pada tahun 2030.

Di samping itu, penggunaan mobil listrik yang lebih banyak juga akan membantu Rusia untuk memenuhi target pengurangan karbon. Mereka bertekad untuk bisa mengurangi emisi karbon hingga 70 persen pada 2030.

3 dari 3 halaman

Infografis Hari Belanja Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.