Sukses

Yamaha Berencana Hadirkan Fitur Keselamatan Terbaru

Di tengah tren elektrifikasi, Yamaha, justru terus mengembangkan inovasi terkait fitur keselamatan yang akan disematkan pada motor barunya.

Liputan6.com, Jakarta - Meski saat ini tren otomotif lebih condong ke arah elektrifikasi, Yamaha Motor Corp justru kedapatan tengah mematenkan fitur baru untuk keselamatan yang akan disematkan pada motor baru mereka.

Teknologi keselamatan ini tidak hanya bicara mengenai penyematan Anti-lock Braking System (ABS), Traction Control, atau Assist and Slipper Clutch, tetapi ada fitur baru yang nantinya akan diadopsikan Yamaha pada line up terbarunya.

Sejatinya, teknologi yang akan digunakan ini tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah dilakukan oleh beberapa pabrikan lain seperti KTM, BMW, atau Ducati sekalipun.

Melansir cycleworld, pabrikan Yamaha sudah menyiapkan lebih dari 10 paten yang akan mereka sematkan pada produk terbarunya.

Di samping itu, mereka juga mengatakan bahwa akan membawa inovasi yang berbeda untuk menawarkan tingkat keselamatan yang tinggi pada sepeda motor.

Berdasarkan paten yang dirilis, Yamaha kedapatan akan memasangkan fitur pre-collision yang sama seperti pada mobil.

Namun, untuk penempatan peringatan bahaya akan dibuat lebih simple lantaran tidak ada ruang yang cukup luas pada sepeda motor.

Sebagai gantinya, Yamaha dikabarkan akan memasang LED strip di kaca spion depan, di mana LED ini akan menampilkan gambar, warna, serta kedipan yang berbeda tergantung pada tingkat risiko atau bahaya yang akan dihadapi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur C-ITS Memungkinkan Komunikasi antar Motor

Yamaha bahkan mengilustrasikan banyak ikon yang direncanakan dalam paten, termasuk ikon yang memperingatkan akan terjadinya tabrakan saat motor tersebut mendekati bagian belakang kendaraan lain.

Fitur lainnya yang juga disematkan adalah C-ITS atau Cooperative Intelligent Transport System. Teknologi ini merupakan pengembangan yang dilakukan secara bersama-sama dengan pabrikan motor lain seperti Honda, BMW, dan KTM.

Melalui fitur C-ITS, radar yang dibenamkan pada sepeda motor akan mengirimkan informasi kepada motor lainnya untuk berkomunikasi dan membantu memperingatkan pengandara serta pengemudi tentang risiko kecelakaan.

Peringatan bahaya lainnya yang juga akan ditanamkan oleh Yamaha adalah blind spot, batas kecepatan, serta peringatan atas kecepatan yang berlebih.

3 dari 3 halaman

Infografis Beda Bahaya Covid-19 Varian Delta dengan Delta Plus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.