Sukses

Teliti Sebelum Beli BBM, Jangan Sampai Salah Isi

Kesalahan saat beli bahan bakar minyak (BBM), terutama bensin menjadi solar, bisa berakibat fatal bagi kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Kesalahan saat beli bahan bakar minyak (BBM), terutama bensin menjadi solar, bisa berakibat fatal bagi kendaraan. Mesin mobil bensin yang diisi solar bisa tersendat di tengah jalan.

Begitu juga sebaliknya. Hal ini disebabkan perbedaan titik nyala kedua jenis BBM tersebut. Itu akan membuat busi tidak bisa melakukan pembakaran secara sempurna. Yang paling parah, mesin mobil bisa mati dan tidak bisa dihidupkan lagi.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika salah isi bensin? Pemilik mobil atau pengendara harus menguras isi tangki hingga tak tersisa, seperti yang dilakukan oleh pemilik mobil yang satu ini.

Dikutip dari akun Instagram @andreli48, sebuah video menampilkan pengendara mobil terpaksa menguras isi tangki BBM di SPBU. Ini dilakukan karena salah isi jenis BBM.

Diketahui, mobil yang dikendarai itu berjenis BBM bensin tapi yang diisi malah solar. Dengan meminta bantuan petugas dan beberapa orang yang melintas, pengemudi mobil itu terpaksa menguras isi tangki BBM.

“Kejadian salah isi BBM seringkali terjadi. Mestinya pertalite diisi solar atau sebaliknya. Di sini ada yang pernah mengalami?” tulis @andreli48.

Ternyata, ada warganet yang mengungkapkan pengalaman yang sama. Salah isi bensin di SPBU. Alhasil, dia harus menguras isi tangki.

“Gue pernah bang. Isi R15 V2 pakai Pertamina Dex. Yang jaga nggak ngasih tahu kalau itu solar. Akhirnya dikuras, copot tangki!” tulis @aaroup_.

“Sudah pernah. Auto kuras di TKP,” tulis @christ_tepe dalam bahasa Jawa.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Andre Li (@andreli48)

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mesin Bisa Jalan tapi… 

Ada juga yang bercerita pernah isi bensin. Dia menyebut kendaraannya masih bisa dijalankan. Namun, jalannya tersendat-sendat.

Penampakan Sangar Edisi Baru Mobil Maung Bandung Pindad MV2 4x4 “ Pernah dulu bawa (Mitsubishi) Kuda solar keisi bensin. Jalan, sih, jalan. Tapi njot-njotan,” tulis @mochizoutb.

Yang bersangkutan pun terpaksa menguras semua isi tangki bensin. “ Akhirnya kuras, mana isi full lagi,” tulis dia.

Kejadian ini membuat warganet terheran-heran. Mereka penasaran mengapa bisa salah isi BBM.

“Pertanyaannya, kok bisa salah isi?” tulis @diajenk_ayu48.

“Apa nggak sebaiknya petugas SPBU menanyakan terlebih dahulu guna memastikan mobil tersebut menggunakan solar atau premium?” tulis @costajonda.

“Pasti mobil pinjaman. Kalau kendaraan pribadi, pasti sudah tahu,” tulis @lasmancf.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.