Sukses

Mengulik Spesifikasi Suzuki S-Presso, Penantang Kuat Toyota Raize

Melihat spesifikasi Suzuki S-Presso di India, model ini dibangun di atas platform Heartect generasi ke-5

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Suzuki S-Presso di Indonesia memang masih belum terkonfirmasi secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Namun, kemunculan mobil yang sudah terlebih dahulu dijual di India ini menemui titik terang setelah secara resmi terdaftar di situs resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

Dalam situs tersebut, nama S-Presso tercantum dengan nomor permohonan DID2021020609. Selain itu, tertera juga nama pemilik Suzuki Motor Corporation beralamatkan di 300 Takatsuka-cho, Minami-ku, Hamamatsu-shi, Shizuoka-ken, Japan.

Menarik memang jika membicarakan Suzuki S-Presso, sebagai hatchback yang dibuat ala mini SUV ini. Pasalnya, pabrikan Jepang lainnya, Toyota dan Daihatsu, telah meluncurkan satu model yang serupa di pasar Tanah Air, yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Jadi, jika model baru dari jenama berlambang huruf 'S' ini juga masuk ke pasar otomotif nasional, bisa menjadi pesaing yang serius.

Melihat spesifikasi Suzuki S-Presso di India, model ini dibangun di atas platform Heartect generasi ke-5. Strukturnya, klaim pabrikan, pakai baja berkualitas tinggi (40 persen) yang memastikan struktur lebih kuat, aman dan kokoh.

“Di Maruti Suzuki, kami percaya pada filosofi mengutamakan pelanggan. Kami menyediakan pelanggan India dengan mobil berkualitas tinggi, namun harga terjangkau. Peluncuran global S-Presso merupakan penawaran terbaik dari desain, teknologi dan keamanan bagi pelanggan," papar Kenichi Ayukawa, Managing Director and CEO Maruti Suzuki India, saat peluncuran 2019 lalu.

Suzuki S-Presso ditenagai mesin bensin 1.0 liter, sesuai dengan regulasi emisi terbaru India. Daya pacu menghasilkan 68 PS dan torsi puncak 90 Nm.

Jantung mekanis tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan opsi otomatis AMT 5-speed. Efisiensi bahan bakar bersertifikasi ARAI yang dilabelkan padanya mencapai 21,7 km/liter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur lengkap

Dengan banderol yang terjangkau, Suzuki S-Presso ditawarkan dengan fitur keselamatan cukup lengkap. Seperti airbag ganda, ABS (Anti-Lock-Braking System) dengan EBD (Electronic Brake force Distribution), sabuk pengaman dengan pretensioners dan force Limiters.

Lalu ada pengingat sabuk pengaman driver / co-driver, rear parking assist system, peringatan kecepatan tinggi serta sensor parkir mundur.

Untuk sektor hiburan, mini SUV ini menawarkan kontrol audio dan suara di kelasnya. Smartplay Studio memastikan musik, hiburan dan navigasi selalu tersedia dengan satu sentuhan.

Sistem memiliki antarmuka yang mudah, kompatibel dengan Android Auto, Apple CarPlay dan Aplikasi Smartplay lain. Head unit 7 inci dan meter cluster menjadi satu padu dalam bingkai lingkaran. Ya, seperti meniru desain Mini Cooper.

Harga di Negeri Bollywood sendiri, Suzuki S-Presso dijual dengan banderol yang cukup terjangkau, yaitu mulai Rs 3.69 lakh (Rp 74 juta) hingga Rs 4.91 lakh (Rp 98,6 juta).

3 dari 3 halaman

Infografis Cek Ketersediaan Tempat Tidur IGD untuk Pasien Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.