Sukses

Mobil Listrik Besutan Universitas Gadjah Mada Sabet Penghargaan Bergengsi

Tim Arjuna Universitas Gadjah Mada berhasil menyabet penghargaan bergengsi dalam kompetisi internasional

Liputan6.com, Yogyakarta - Mobil listrik hasil kreasi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), berhasil meraih penghargaan dalam gelaran 5th Annual FSV Concept Challenge (FSEV 2021). Keberhasilan ini sekaligus menambah kesuksesan bagi Tim Arjua dalam mengembangkan mobil listrik.

Dalam penghargaan tersebut, Tim Arjuna, berhasil meraih predikat Best Battery Design, 3rd Place Team Management Report serta menjadi finalis di kategori Sofrware and Intelligence Integration.

Sebelum meraih keberhasilan dari kompetisi tersebut, Tim Arjuna, juga berhasil menyambet sebagai Juara Pertama sebagai Desain Mobil dalam kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan PLN Innovation and Competition in Electricity (ICE) 2021.

Pasca-keberhasilan meraih gelar bergengsi tersebut, Muhammad Raihan Hilmy, sebagai Ketua Tim mengatakan tujuan awal tim mengikuti kompetisi tahunan ini adalah untuk mendapatkan banyak masukan dari pihak yang lebih berpengalaman.

"Tujuan awal Tim Arjuna mengikuti kompetisi tahunan yang kedua kalinya adalah untuk mendapatkan banyak pengalaman, serta feedback yang dapat diambil dari kompetisi ini. Sehingga dapat mematangkan persiapan tim serta konsep desain dari mobil yang akan dibuat untuk tahun depan," jelas Raihan, dalam keterangan resminya.

Di samping itu, menurut Inherenta Muhammad Amarutsli, sebagai Ketua Generasi Ke-9 Tim Arjuna UGM, menilai bahwa keberhasilan ini merupakan bukti bahwa eksistensi serta kemampuan Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Hal ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia mampu ikut dalam peradaban perkembangan mobil listrik dunia," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kompetisi Ini Merupakan Ajang Bergengsi

Kompetisi ini merupakan kegiatan yang kerap dilakukan oleh Curiosum Tech Private Limited di bawah nama Formula Bharat India. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesemaptan kepada Mahasiswa untuk tampil di ajang internasional dalam mengembangkan konsep dan mendesain mobil listrik.

Di samping itu, kegiatan ini juga akan menguji pemahaman sistem manajemen dalam industri mobil listrik. Setiap tahunnya, kegiatan ini selalu diselenggarakan di India.

Dalam kompetisi ini terdapat enam kategori yang diperlombakan, yakni Failure Modes and Effect Analysis (FMEA) Report, Procurement Strategi Report, Team Managemen Report, Software Integration Report, Design Specification Sheet Report (DSS), serta Engineering Design Presentation (EDP).

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.