Sukses

3 Mobil Ini Jadi Senjata Toyota Team Indonesia di Ajang Balap

Toyota Team Indonesia memiliki tiga mobil balap yang diandalkan untuk ajang balap. Tidak hanya di Indonesia, tetapi mobil balap ini juga ada yang berlaga di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Team Indonesia sebagai tim balap pabrikan PT Toyota Astra Motor, memiliki segudang prestasi yang tidak bisa dianggap remeh. Di bawah asuhan almarhum Memet Djumhana, tim yang berisikan pembalap-pembalap hebat yang sukses mengukir prestasi dari masa ke masa.

Dalam eksistensinya di ajang balap Tanah Air, Toyota Team Indonesia, kerap menggunakan mobil yang diracik ulang dengan mengandalkan beberapa perubahan di sektor mesin, suspensi sampai beberapa bagian penting lainnya.

Sejak menginjakkan kakinya di ajang motorsport Tanah Air, tim ini tidak hanya mengandalkan satu mobil, tetapi ada beberapa model yang diturunkan untuk beradu cepat di atas lintasan balap. Mulai dari model sedan, hatchback hingga SUV menjadi senjata bagi Toyota Team Indonesia untuk meraih kemenangan di setiap balapan.

Sebagai informasi tambahan, mobil balap yang diracik oleh Toyota Team Indonesia tidak hanya bersaing di ajang dalam negeri. Namun, salah satu produk SUV kebanggaan Toyota, yakni Fortuner juga ikut diturunkan dalam kompetisi Asia Cross Country yang diselenggarakan di Thailand.

Berikut daftar mobil Toyota yang dijadikan mobil balap oleh Toyota Team Indonesia:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Toyota Fortuner

Kesan tangguh SUV Fortuner tidak hanya menjadi andalan bagi Toyota untuk memikat konsumen yang ingin tampil beda. Namun, mobil bongsor ini juga berhasil disulap menjadi mobil off-road di tangan Toyota Team Indonesia untuk balap tanah yang melintasi beberapa negara dengan tajuk Asia Cross Country.

Ajang balap ini sendiri merupakan ajang reli serta off-road yang diselenggarakan di Thailand. Selain harus menaklukan medan yang keras, Toyota Fortuner berkelir merah putih ini juga harus bisa mengemas waktu yang cepat di setiap stage.

Untuk bisa menaklukan medan yang disuguhkan oleh penyelenggara, maka Toyota Team Indonesia, sudah mempersenjatai SUV Fortuner ini dengan beberapa sentuhan baru. Perubahan meliputi beberapa aspek, mulai dari eksterior, interior, mesin yang di re-tuning, hingga bagian kaki-kaki.

3 dari 5 halaman

2. Toyota Yaris

Selain di ajang balap tanah, Toyota Team Indonesia, juga memiliki mobil balap yang berbasis mobil hatchback stylish untuk cabang balap touring. Toyota Yaris, juga disulap oleh Toyota Team Indonesia untuk bisa tampil sangar di atas lintasan balap.

Mobil yang digeber oleh pembalap andalannya yakni Haridarma Manoppo dan Demas Agil, juga sudah dimodifikasi untuk tampil maksimal di setiap laga balap yang diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Meski mesin yang digunakan ini masih membawa model standar pabrikan, namun tim sudah melakukan re-tuning di beberapa bagiannya. Tujuannya, agar performa bisa meningkat serta memberikan hasil yang lebih maksimal di setiap kompetisi.

4 dari 5 halaman

3. Toyota Agya

Setelah meracik SUV Toyota Fortuner yang diturunkan untuk balap tanah dan Toyota Yaris untuk balap touring, tim ini masih memiliki satu senjata andalan lagi yang diturunkan untuk balap gymkhana atau slalom.

Kehadiran mobil mungil Toyota Agya, menjadi andalan para peslalom Toyota Team Indonesia seperti Adrianza Yunial, Anjasara Wahyu dan Herdiko SP. Bentuknya yang simple, serta ditopang dengan handling yang mumpuni, menjadi keunggulan dalam menurunkan mobil ini pada ajang balap tersebut.

Sebelum turun menggunakan New Agya, Toyota Team Indonesia juga turut menurunkan Toyota Etios Valco. Namun, mobil ini harus pensiun dari eksistensi di ajang balap karena sudah tidak lagi sejalan dengan strategi promosi PT Toyota Astra Motor lantaran sudah disuntik mati beberapa waktu silam.

5 dari 5 halaman

Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.