Sukses

Kecelakaan Moge Saat Sunmori, Pengendara Harus Paham Sikap Antisipasi di Jalan

Tabrakan tersebut karena dua belah pihak tidak memahami bagaimana harus bersikap ketika berada di jalan raya

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan Sunday Morning Ride alias Sunmori kembali makan korban. Kali ini, seorang pengendara motor gede (moge), Kawasaki ER-6N menabrak motor Beat, di Jalan Boulevard Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Minggu (1/8) pagi. Akibat kejadian ini, seorang perempuan yang merupakan pengendara skuter matik (skutik) meninggal dunia.

Dijelaskan Kanit kecelakaan lalu lintas Polres Tangsel, Iptu Nanda Setya Pratama mengungkapkan, korban berinisial H, berjenis kelamin perempuan itu tewas di lokasi kejadian. Jenazah korban wanita berinisial H berumur 50 tahun itu langsung dibawa petugas ke RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Kejadiannya sekitar pukul 06.30 WIB. Kejadian tepatnya di dekat Hotel Santika Bintaro," jelas Nanda.

Menanggapi kejadian miris ini, Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menjelaskan, tabrakan tersebut karena dua belah pihak tidak memahami bagaimana harus bersikap ketika berada di jalan raya.

"Mau pelan mau tertib, satu antisipasi ketika di jalan raya. Kekuatan antisipasi adalah pemahaman apa yang dilakukan. Misalkan berhenti, dia paham bahanyanya, risikonya, benar atau tidaknya. Lalu, orang salah itu haus ada antisipasi dan empati," jelas Jusri saat dihubungi Liputan6.com, Senin (2/8/2021).

Lanjut Jusri, antisipasi juga dilakukan atas kesalahan orang lain. Pasalnya, ketika di jalan raya, beragam pengendara motor dan pengemudi mobil yang tidak diketahui dengan pasti, terkait pengetahuannya tentang cara berkendara dengan baik, atau ketertibannya berlalu lintas.

"Ada pengetahuan dan empati, bagi si penabrak harusnya berpikir tidak hanya dia saja yang jago. Intinya, antisipasi tertib itu mutlak, skill yang kompeten juga mutlak," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Sementara

Sementara itu, berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, insiden kecelakaan yang terjadi di Jalan Boulevard Bintaro Jaya itu, diduga karena pengendara moge kehilangan kendali saat melihat motor korban.

Kecelakaan bermula saat moge yang dikendarai oleh pengendara berinisial AS, melaju dari arah Fly Over Permata Bintaro, hendak kearah perempatan traffic light Sekolah Penabur.

Dari keterangan saksi di lokasi, motor Honda Beat yang dikendarai korban terlihat sedang berhenti dan hendak berbelok ke kiri jalan. Kemudian, pengendara moge ini menabrak bagian belakang Honda Beat, dan korban terpental, serta kepalanya mengalami benturan, pendarahan, dan meninggal di lokasi kejadian.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.