Sukses

Penampakan Robot Kurir Rakuten Bikinan Honda Saat Uji Coba di Jalanan Jepang

Honda Motor Co bersama Rakuten Group merancang robot kurir pengiriman otomatis.

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Co bersama Rakuten Group merancang robot kurir pengiriman otomatis. Robot ini memanfaatkan teknologi robotika Honda yang dipadukan dengan layanan pengiriman Rakuten.

Honda dan Rakuten telah memulai uji coba robot pengirim barang ramah lingkungan ini di sekitar Universitas Tsukuba dan beberapa jalan umum di Jepang sejak 19 Juli lalu. Uji coba akan berlangsung hingga 31 Agustus 2021.

Kehadiran robot ini diharapkan menjadi solusi atas meningkatnya kebutuhan pengiriman barang jarak jauh tanpa kontak fisik selama pandemi COVID-19, di mana banyak perusahaan pengiriman di Jepang kekurangan tenaga kerja.

Dalam keterangan persnya yang dikutip pada Kamis (29/7/2021), Honda menyebutkan dalam proyek itu mereka mengembangkan teknologi pesawat, sistem, pemeriksaan spesifikasi serta menjalankan demonstrasi teknis.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sasis Honda

Robot kurir ini memakai sasis yang dilengkapi fungsi pengantaran otomatis dengan teknologi "Honda Mobile Power Pack" sebagai sumber energinya. Sedangkan pihak Rakuten melengkapi robot itu dengan kotak pengantaran produk.

Eksperimen itu dilakukan berkat dukungan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO). Ke depannya, Honda ingin terus mengembangkan teknologi robotika dan mempromosikan penggunaan energi terbarukan.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.