Mobil Listrik MG Akan Dijual di Indonesia, Berapa Harganya?

Oleh Liputan6.com pada 27 Jul 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 11:00 WIB
MG
Perbesar
MG (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik berbasis baterai sudah mulai dipasarkan di Indonesia. Salah satunya yang diperkirakan akan dijual di Indonesia adalah MG ZS EV.

Ia sempat mejeng di IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran dan hanya pengenalan saja. Bukan peluncuran. Di sisi lain, kalau melihat data di Samsat PKB Jakarta, model memiliki besaran angka NJKB lebih murah dari Hyundai Kona EV.

Ambil contoh, Hyundai Kona punya NJKB (sebelum pajak dll) sebesar Rp 476 juta. Kemudian banderol on the road Jakarta sekarang menjadi Rp 697 juta. Sedangkan MG ZS EV memiliki NJKB Rp 423 juta. Bisa jadi bila kelak dirilis di sini, bakal lebih murah. Sekadar prediksi kisaran label Rp 600 jutaan. Syukur kalau bisa papas marjin dan dibikin kompetitif sebagai harga pengenalan. Lihat saja nanti saat mengaspal di sini. 

Performa

Untuk tahu lebih dalam, mari kita lihat apa saja kemampuan yang dimiliki MG ZS EV. Berbasis MG ZS, penggerak utamanya menggunakan PM Synchronous Motor, disokong oleh CATL Ternary Lithium Battery. Kapasitasnya mencapai 44,5 kWh. Saat pengisian penuh, Anda dapat mengendarainya sejauh 335 km (jalan kombinasi). Untuk mengisi dalam mode fast charging, cuma butuh 30 menit hingga mencapai 80 persen. Lantas berapa besar daya tersalur?

Mengacu data ketika unit dipamerkan. MG ZS EV memiliki tenaga puncak 105 kw atau 143 PS. Lalu momen puntir optimal diraih 353 Nm. Untuk mengilat dari 0-50 km per jam hanya butuh tempo 3,1 detik. Angka ini sangat impresif jika disandingkan bareng Kona EV. Mobil Hyundai itu menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan tenaga sebesar 100 kW (136 PS). Motor menyuplai torsi 395 Nm yang didistribusikan ke roda depan. Kekuatan baterai lithium ion hanya 39,2 kWh. 

Jarak tempuh Kona berdaya setrum mencapai 345 km berdasarkan NEDC dan 289 km metode WLTP dalam kondisi baterai penuh. Lalu pengisian daya dapat dicapai dalam 54 menit dengan cara fast charging (nol hingga 80 persen @ 100 kW). Secara umum MG ZS EV sedikit lebih unggul dari Hyundai Kona. Namun memang kalau mau riil harus dibuktikan lebih lanjut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fitur

Kelengkapan peranti eksterior juga tak main-main. MG memberikan sejumlah fitur seperti automatic dusk sensing headlights, headlamp follow me home, projection headlamps with parking lamps, LED DRL. Selanjutnya ada frameless wiper, rain sensor, outsider rear mirrors with heater, auto folding & electrical adjustment outside rear mirrors.

Belum lagi urusan safety yang bisa menambah keamanan dan keselamatan pengguna. Di dalam MG ZS EV terkandung sistem ESP (EBA + Hill Launch Assistant + ESS + HDC), kemudian ada AVH (Auto Vehicle Hold, TPMS, enam titik bantalan udara (driver & passenger, side and curtain airbags). Lalu ketambahan three -point seatbelt di baris kedua, rear seat left/right 3 point seatbelt with pretension. Lanjut tersisip front & rear seat belt warning, pass airbag disable switch, reverse parking sensors, rear parking camera, Pedestrian Alert Control System (PACS) plus ISOFIX rear child fitting.

Hiburan

Tatanan interior juga sangat bisa diandalkan. Anda mendapat head unit 8 inci touchscreen infotainment display. Sistem sudah tersambung dengan Apple CarPlay maupun Android Auto. Untuk memanjakan telinga, tersedia enam buah speakers plus 3D sound effect. Perangkat juga bisa terkoneksi Bluetooth hands free system, MP3 dan terdapat 3 USB 12V power supply. Sederet perangkat ini lebih dari cukup untuk menemani mobilitas di dalam perkotaan.

Dari Mei hingga akhir Juni, unit sering dipamerkan di tujuh pusat perbelanjaan. Tujuannya sebagai strategi dagang pengenalan ke konsumen. “Menyadari antusiasme tinggi yang diterima oleh MG ZS EV sejak kali pertama dikenalkan. Kami pun berinisiatif untuk membawanya lebih dekat kepada masyarakat melalui rangkaian pameran MG di berbagai pusat perbelanjaan di Tanah Air. Dengan demikian, akses para pecinta otomotif untuk merasakan pengalaman berkendara modern dan futuristik ini semakin dimudahkan. Inisiatif ini juga menjadi bentuk nyata usaha kami. Agar masyarakat menjadi lebih familier bersama kendaraan listrik ramah lingkungan,” jelas Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia beberapa waktu lalu. 

Sumber: Oto.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Olimpiade Tokyo 2020

Infografis Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Infografis Olimpiade Tokyo 2020. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya