Andalkan SUV, Keuntungan Hyundai dan Kia Meningkat Signifikan

Oleh Arief Aszhari pada 23 Jul 2021, 15:02 WIB
Diperbarui 23 Jul 2021, 15:02 WIB
Logo Hyundai
Perbesar
Logo Hyundai (Foto: reutersmedia.net/resources).

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Motors menghasilkan laba atau keuntungan yang meningkat signifikan pada kuartal kedua tahun ini. Catatan tersebut, menjadikan penjualan terbaik dalam waktu enam tahun belakangan, karena meningkatnya permintaan SUV dan mobil mewahnya, Genesis.

Mengutip Autoblog, Hyundai bersama Kia termasuk di antara 10 pembuat mobil dengan penjualan terbaik di dunia. Dalam laporan yang disampaikan, pabrikan Korea Selatan ini menghasilkan laba bersih sebesar US$1,5 miliar pada April sampai Juni 2021.

"Penjualan SUV dan model mewah Genesis mendorong momentum dalam hal volume penjualan, dan penurunan insentif membantu meningkatkan pendapatan dan profitabilitas pada kuartal kedua karena pemulihan berkelanjutan dari pandemi global Covid-19 mendorong permintaan otomotif," tulis Hyundai dalam sebuah pernyataan.

Hasil positif ini, juga didukung oleh manajemen rantai pasokan konservatif Hyundai, yang telah membantunya mengatasi kekurangan chip secara global. Hal tersebut, menjadikan Hyundai jauh lebih baik dari banyak pembuat mobil lainnya.

Tetapi, kekurangan yang berkepanjangan dan masalah pasokan komponen lainnya mulai mengejar Hyundai, khususnya terkait produksi kendaraan listriknya. Pada April 2021, Hyundai menangguhkan produksi di pabrik Ioniq 5 karena masalah pasokan chip dan komponen.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penjualan Semester 2

Pada Kamis (22/7/2021), pihaknya memperkirakan pertumbuhan penjualan tahun ini mungkin melambat pada paruh kedua 2021 karena kondisi bisnis yang menantang, termasuk fluktuasi harga bahan baku dan pasokan chip otomotif yang tidak stabil.

"Masalah pengadaan itu diperkirakan akan membaik pada paruh kedua tahun ini," kata analis Lee Jae-il di Eugene Investment & Securities, yang juga menunjuk perkiraan pasokan yang meningkat pekan lalu oleh produsen utama Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd.

Pembuat chip Taiwan mengatakan, kekurangan chip mobil secara bertahap akan berkurang bagi pelanggannya dari saat ini. Tetapi mengharapkan ketatnya kapasitas semikonduktor secara keseluruhan untuk memperpanjang kemungkinan hingga tahun depan.

Hyundai dan afiliasinya sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan chip lokal untuk mengurangi ketergantungan pada pasokan asing, Reuters melaporkan bulan lalu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Banner Infografis Olimpiade 2020 Diundur, Corona Serang Atlet Bugar.

Banner Infografis Olimpiade 2020 Diundur, Corona Serang Atlet Bugar. (Sumber Foto: AP)
Perbesar
Banner Infografis Olimpiade 2020 Diundur, Corona Serang Atlet Bugar. (Sumber Foto: AP)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya