Bertenaga Surya, Mobil Listrik Lightyear Sanggup Melaju hingga 700 Km

Oleh Liputan6.com pada 15 Jul 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 15 Jul 2021, 14:00 WIB
mobil listrik biasa tetapi dengan tenaga surya
Perbesar
Mobil listrik bertenaga surya (Lightyear)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik yang mengandalkan tenaga matahari memang masih jarang terlihat. Namun, pemain baru yang satu ini rupanya cukup berani dengan menyiapkan mobil listrik bertenaga surya.

Lightyear, perusahaan otomotif asal Belanda saat ini kedapatan tengah melakukan pengujian mobil terbarunya Lightyear One di Jerman dan tercatat dapat menempuh perjalanan 700 km dengan sekali pengisian daya.  

Kehadiran Lightyear One ini tentu saja akan mengguncang segmen kendaraan listrik murni seperti Tesla dan Lucid. Pasalnya kedua pabrikan tersebut sama-sama menawarkan kemampuan daya tempuh yang cukup jauh dengan sekali pengisian daya. Bahkan Tesla Model S Plaid terbaru kabarnya mampu menempuh perjalanan hingga 627 km. Meski demikian keduanya masih menggendong baterai dengan kapasitas yang cukup besar di atas 100 kWh, sedangkan kapasitas baterai yang ditawarkan oleh Lightyear One hanya sekitar 60 kWh. 

Selain itu, Lightyear One tidak hanya menawarkan kendaraan yang mampu berjelajah sejauh kompetitornya tetapi juga memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi. Kabarnya kendaraan ini memiliki konsumsi tenaga sekitar 11,8 km per kWh sedangkan jika dibandingkan dengan Tesla Model 3 yang hanya mencapai 8,46 km per kWh. Pengujian tersebut juga sudah melewati proses sertifikasi dan mengikuti standar EPA yang berlaku. 

Pengembangan mobil bertenaga surya yang dikembangkan oleh Lightyear ini sebenarnya sudah berjalan beberapa tahun belakangan. Meski demikian pada tahun lalu, perusahaan Lightyear sempat mengumumkan jika kendaraannya tersebut dapat berjalan hingga 724 km dengan sekali pengisian daya. Angka tersebut dapat tercapai jika kondisi jalan dan gaya berkendara pengemudi benar-benar bijaksana, namun pencapaian tersebut hanya selisih sedikit dari yang janjikan. 

Intinya konsumen bisa akan lebih tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh Lightyear One, karena tanpa harus repot-repot ke stasiun pengisian daya mobil ini bisa berjalan hingga 700 km.  

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengujian

Saat ini Lightyear telah melakukan pengujian ulang dengan standarisasi EPA dan WLTP untuk menghasilkan angka spesifikasi yang resmi dan sesuai dengan kendaraan listrik lainnya. Setelah pengujian tersebut selesai kabarnya Lightyear akan segera mengirimkan The One pada tahun depan untuk konsumen. 

Belum ada detail mengenai harga dan spesifikasi yang terdapat di dalam Lightyear One, namun teknologi yang ditawarkan rasanya akan lebih menarik lagi untuk dinantikan. Jika merujuk pada foto, Lightyear One akan menggunakan panel solar di sekitar kap mesin dan atap mobil. Serta menampilkan desain eksterior yang sangat futuristik salah satunya adalah cover ban belakang dan pintu yang tidak menggunakan gagang konvensional.

Sumber: Carvaganza.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Manfaat Tes Usap Rapid Antigen dan PCR.

Infografis Manfaat Tes Usap Rapid Antigen dan PCR. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Manfaat Tes Usap Rapid Antigen dan PCR. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya