3 Risiko yang Menghantui Pengguna Fan Belt Palsu

Oleh Fahmi Rizki pada 15 Jul 2021, 11:03 WIB
Diperbarui 15 Jul 2021, 11:03 WIB
Jangan pakai barang tiruan pada komponen mobil
Perbesar
Jangan pakai barang tiruan pada komponen mobil

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik mobil sering kali masih mengabaikan perihal kualitas komponen yang digunakan untuk kendaraan mereka. Lantaran ingin hemat pengeluaran dalam hal penggantian komponen, kerap kali mereka menggunakan barang imitasi atau kualitas di bawah orisinilnya.

Tidak hanya untuk komponen eksterior atau interior, pada komponen mesin masih banyak pemilik yang kompromi perihal tersebut. Apalagi untuk urusan fan belt yang terbilang cukup penting.

Di mana, fungsi fan belt ini berguna untuk menggerakan beberapa komponen seperti kompresor AC, poros altenator, waterpump serta beberapa komponen lainnya.

Jika penggunaan fan belt ini menggunakan kualitas yang rendah, maka tidak heran jika nanti kendaraan kesayangan Anda akan berdampak kurang baik dari sisi performa komponen tersebut.

Pasalnya, untuk barang orisinil sudah diperhitungkan mengenai usia pakai serta bahan yang digunakannya.

Lantas, apa yang akan dirasakan oleh pemilik mobil jika menggunakan komponen tersebut pada mobilnya? Berikut ada tiga konsekuensi yang harus ditanggung ketika menggunakan komponen fan belt tidak sesuai anjuran dari pabrikan atau menggunakan barang imitasi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3 Resiko Penggunaan Fan Belt Imitasi

Penggunaan fan belt imitasi akan memengaruhi usia pakainya
Perbesar
Penggunaan fan belt imitasi akan memengaruhi usia pakainya

1. Usia Pakai Akan Lebih Cepat Rusak

Berbekal bahan yang tidak mumpuni atau berada di bawah tingkat orisinil, maka penggunaan komponen imitasi sudah pasti akan lebih cepat rusak ketimbang penggunaan komponen orisinilnya.

Sebut saja bahan karet yang menjadi bahan baku utamanya, bukan tidak mungkin baru dipakai dalam waktu yang singkat, maka karet tersebut akan putus ketika mobil tengah digunakan.

2. Karet Cepat Keras

Tidak seperti komponen aslinya, untuk fan belt imitasi atau yang memiliki kualitas di bawah orisinil, maka akan cepat keras bagian karetnya. Jika sudah keras atau getas, maka performa komponen ini tidak lagi maksimal.

Hal ini dikarenakan penggunaan karet tersebut harus lentur karena ketika digunakan, maka karet tersebut mengalami penyesuaian dan akan mendapatkan tekanan yang kuat dari komponen lainnya.

3. Menimbulkan Suara Berisik

Tidak hanya dari segi kualitas serta usia pakainya yang relatif singkat. Penggunaan komponen fan belt yang tidak sesuai, juga akan memiliki dampak lain, seperti suara berisik yang berasal dari gesekan fanbelt tersebut dengan pemutarnya.

Hal ini dikarenakan, bahan baku tersebut tidak standar sehingga seiring penggunaannya akan menimbulkan suara yang berisik. Biasanya, suara berisik ini akan terus terdengar ketika mobil dijalankan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19

Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya