Ducati Panigale V4R Bakal Adopsi Teknologi MotoGP, Simak Bocorannya

Oleh Liputan6.com pada 13 Jul 2021, 18:12 WIB
Diperbarui 13 Jul 2021, 18:12 WIB
Ducati Panigale V4R
Perbesar
Ducati Panigale V4R. (Bennetts)

Liputan6.com, Jakarta - Ducati Panigale V4R dikabarkan bakal mengadopsi salah satu teknologi yang diterapkan pada motor balap MotoGP. Teknologi itu adalah Seamless Shift Gearbox.

Seamless Shift Gearbox atau perpindahan gigi mulus untuk kendaraan roda dua merupakan teknologi teratas. Peranti canggih itu hanya digunakan pada motor balap yang berlaga di MotoGP.

Pertama kali diterapkan pada motor RC212V milik pabrikan Honda pada 2011. Output dari penggunaan alat itu dapat meminimalkan kehilangan daya, menjaga keseimbangan bodi, mengurangi beban suspensi dan ban, serta memberikan efisiensi deselerasi yang lebih baik saat menggunakan engine brake.

Seperti halnya fitur kontrol traksi, winglet, dan quick-shifter, telah bermigrasi dari balapan ke motor jalan raya. Ya, masa depan tidak dapat dihindari. Tak dapat dipungkiri kalau beberapa superbike masa mendatang juga bakal dibekali transmisi mulus.

Namun, ada beberapa kendala mengapa Seamless Shift Gearbox belum diterapkan ke motor produksi. Pertama, masing-masing pabrikan MotoGP sangat menjaga rahasia transmisi perpindahan gigi mulusnya. Kedua, gearbox balap sangat mahal.

Dulu Yamaha pernah mengajukan paten teknologi perpindahan gigi mulus berbasis YZF-R1 di 2018. Namun masih belum ada tindak lanjut hingga hari ini. Hal itu seolah membuktikan bahwa biaya untuk gearbox seamless bukanlah hal yang sepele, yang jauh dari harapan. 

Yamaha memang tergolong pionir di bidang komersialisasi transmisi seamless, tapi itu belum cukup membuktikan. Sekarang giliran Ducati yang menyerahkan hak paten Seamless Shift Gearbox di pindah ke motor produksi massal.

Dalam beberapa tahun terakhir, Ducati telah bekerja untuk membuat mesin MotoGP yang relevan dengan jalan raya. Terbukti mereka melahirkan Panigale V4 dan Streetfighter V4.

Mesin V4 itu sendiri berkaitan erat dengan motor balap. Hadir dengan poros engkol berputar terbalik dan sejumlah kesamaan lain dengan kuda besi yang dipakai pembalap di MotoGP.

Dan kini pabrikan Italia mengajukan hak paten yang berkaitan dengan transmisi perpindahan mulus ke produksi massal.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mirip DCT Honda

Seamless shift gearbox paten yang diajukan Ducati mirip dengan Dual Clutch Transmission (DCT) milik Honda. Bedanya, tidak menggunakan kopling ganda, tapi kombinasi roller bearing yang dapat terkunci.

Ducati mengembangkannya lebih sederhana dan lebih murah. Selain itu, disebutkan juga bahwa teknologi transmisi ini bisa disematkan pada girboks konvensional.

Sehingga, cocok untuk Dokumen yang didaftarkan tidak lagi berbentuk gambar sketsa, melainkan foto. Artinya, paten tersebut bukan cuma sebatas ide liar, melainkan sudah dites dan dibuat.

Insinyur Ducati tampaknya bakal membawa teknologi tersebut ke khalayak yang lebih luas. Panigale V4 R generasi berikutnya berpotensi mendapat keuntungan Seamless Shift Gearbox. Teknologi itu dikatakan sangat mirip dengan yang sudah dipasang pada Desmosedici di MotoGP.

Transmisi mulus tentu menjadi inovasi terbaru yang diturunkan dari MotoGP, kemudian menginspirasi motor sport untuk bersaing di Kejuaraan WorldSBK juga.

Jika Ducati mendapatkan transmisi mulus itu, pabrikan asal Bologna boleh dibilang memulai revolusi baru di kelas sportsbike.

Sumber: Oto.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya