Sukses

Mau Beli Mobil Bekas, Wajib Tahu Cara Cek Odometer

Bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan harga terjangkau, tentu mobil bekas merupakan pilihan yang tepat. Namun, perlu ketelitian ekstra saat memilih mobil bekas.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan harga terjangkau, tentu mobil bekas merupakan pilihan yang tepat. Namun, perlu ketelitian ekstra saat memilih mobil bekas.

Pasalnya, bisa saja penjual mobil bekas melakukan hal yang nakal. Contohnya, memanipulasi odometer agar mobil terlihat baru dipakai hanya beberapa kilometer saja.

Bukan rahasia lagi kalau odometer rendah, bisa menaikkan harga jual mobil bekas. Maka praktik manipulasi odometer mobil bekas ini bukanlah hal yang baru.

Bagi mereka yang sudah terbiasa, memanipulasi odometer mudah saja. Terlebih jika odometer mobil tua yang masih menggunakan sistem analog.

Agar tak tertipu, jika mobil bekas menggunakan odometer analog, maka begini cara mengenalinya, seperti dikutip dari Cartoq. Perhatkan baik-baik posisi angka pada odometer.

Bisa jadi posisi angka ada odometer tidak sejajar dengan benar. Cara lain adalah dengan memperhatikan odometer ketika akan melewati tanda 10.000 kilometer berikutnya. Digit angka biasanya tidak sejajar dengan benar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Odometer Digital

Meski mobil sudah menggunakan odometer digital, oknum penjual nakal juga masih bisa mengenalinya meskipun sangat sulit. Untuk mendeteksi apakah termanipulasi juga cukup sulit, namun bukan tidak mungkin.

Tidak ada tanda-tanda fisik yang bisa jadi acuan. Namun, konsumen bisa memeriksa catatan layanan secara menyeluruh.

Misalnya, banyak orang melepaskan kabel odometer dan berkeliling tanpa kabel yang terpasang sehingga odometer tidak berfungsi. Maka perhatikan catatan berkalanya.

Jika sebuah mobil sudah berjalan 10.000 kilometer di tahun pertama, tapi di tahun kedua hanya 3.000 kilometer, maka ada yang salah pada mobil tersebut.

Selain itu, konsumen juga bisa melihat dari keausan di dalam kabin. Contohnya pada setir mobil, pedal rem, kenop gigi dan bagian-bagian yang biasanya terabaikan.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.