Sukses

BMW Manjakan Gamer dengan Kursi Gaming yang Terinspirasi Jok Mobil F1

BMW telah membuat kursi game yang cukup canggih. Dirancang oleh studio inovasi BMW Group Designworks

Liputan6.com, Jakarta - Game balap modern saat ini cukup realistis. Permainan seperti Gran Turismo, Forza Motorsport, Project Cars, dan Asseto Corsa menampilkan grafik yang mendekati kenyataan, model mobil yang cukup akurat, dan gaya mengemudi yang nyata.

Dalam permainan, para penciptanya membiarkan gamer mewujudkan fantasi masing-masing mengendarai supecar performa tinggi dari kenyamanan ruang kamar sendiri. Dan untuk menambah pengalaman yang mengasyikan dalam bermain game, dibutuhkan konsol balap dan kursi gaming yang canggih.

Melansir Carbuzz, melihat hal tersebut, BMW telah membuat kursi gaming yang cukup canggih. Dirancang oleh studio inovasi BMW Group Designworks, kursi gaming yang disebut Rival Rig ini hadir dalam berbagai fitur mewah yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan kesehatan fisik pengguna selama sesi permainan online yang panjang.

Menggunakan kombinasi sensor AI, bantalan udara pneumatik, dan aktuator-mekanis, sistem adaptive seating yang dapat menganalisis gerakan pemain dan menyesuaikan posisi tempat duduk untuk mengurangi stress.

Misalnya, jika ada terlalu banyak tekanan pada lengan pemain, sandaran tangan akan turun secara otomatis. Jika mendeteksi suhu tubuh gamer terlalu panas, Sistem Kontrol Iklim Mikro akan meniupkan udara dingin untuk mendinginkannya.

Bahkan ada fungsi pijat untuk membantu para gamer bersantai setelah balapan virtual yang padat.

Mode yang dapat dipilih menyesuaikan kursi untuk postur yang berbeda, seperti mode easy menawarkan postur santai, mode boost membawa kursi ke depan dan dirancang untuk sesi permainan intensif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desain

Dari segi desain, Rival Rig terinspirasi oleh mobil Formula One (F1) dan pesawat luar angkasa serta menampilkan banyak lampu LED yang dirancang untuk mencerminkan apa yang terjadi di dalam game.

"Rival Rig oleh BMW dan Rivalworks, lebih dari proyek lain sebelumnya, adalah tentang mendorong batas kemampuan manusia," kata Holger Hampf, Presiden Designworks.

"Apa yang ingin kami capai adalah desain rig gaming yang membawa teknologi dan estetika di bidang ini ke level berikutnya. Tujuan kami adalah menciptakan situasi tempat duduk, postur tangan, dan gerakan kepala yang paling nyaman, yang memungkinkan gamer untuk sepenuhnya membenamkan diri atau dirinya sendiri, dan mengalami rasa tidak berbobot. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi seorang desainer untuk mengerjakan proyek seperti ini karena kami dapat bermain secara ekstrem dalam hal teknologi," tegasnya.

Untuk saat ini, Rival Rig hanyalah sebuah konsep desain yang mewah, tetapi desainnya bersifat open source, sehingga memungkinkan perusahaan pihak ketiga untuk meningkatkan desain dan mewujudkannya

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.