Sukses

Pabrikan Cina Ini Berani Patenkan Desain Mobil Listrik Mirip VW Beetle

Sketsa yang dikirimkan ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (UE IPO) menggambarkan dua varian Punk Cat

Liputan6.com, Jakarta - Konsep mobil listrik milik ORA Great Wall Motors yang disebut Punk Cat, yang konsepnya bergaya retro mirip Volkswagen Beetle telah diluncurkan di Shanghai Motor Show 2021. Meskipun belum diumumkan masuk ke jalur produksi, namun dua versi dari kendaraan ramah lingkungan ini telah diajukan hak patennya di Eropa.

Melansir Carscoops, sketsa yang dikirimkan ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (UE IPO) menggambarkan dua varian Punk Cat. Gambar paten ini terlihat sangat mirip dengan konsep yang ditampilkan di Shanghai, dengan siluet yang benar-benar mirip Beetle.

Terlihat desain mobil listrik ini menggunakan lampu depan oval, lengkungan roda belakang yang menonjol, serta lampu belakang oval juga.

Hal lainnya, juga mendapatkan serangkaian pembaruan visual, termasuk lampu depan yang berbentuk seperti lampu belakang yang dipasang di Beetle pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, lengkungan roda belakang yang terlihat lebih sempit, dan fasia belakang yang didesain ulang dengan spoiler yang terpasang di palka.

Desain mana yang akan membuat lompatan besar untuk bisa ditampilkan masih harus dilihat lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Volkswagen

Tapi yang pasti, Great Wall Motors yang berbasis di Negeri Tirai Bambu ini akan beroperasi dengan usaha patungan bersama BMW, menerbitkan aplikasi Registered Community Design (RCD) untuk kedua mobil pada Juni 2021. Permintaannya dikabulkan, dan desainnya akan berakhir pada 3 Juni 2026, menurut situs web paten Eropa.

Volkswagen sendiri belum mengomentari langkah Great Wall untuk mematenkan desain Punk Cat.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.