Sukses

Cegah Kerumunan, Polda Metro Jaya Bikin Sistem Kanalisasi di 4 Lokasi Penyekatan PPKM Darurat

Polda Metro Jaya telah melakukan kanalisasi pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan PPKM Darurat di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya telah melakukan kanalisasi pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan PPKM Darurat di Jakarta. Hal tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan penumpukan kendaraan yang berpotensi menjadi kluster penyebaran virus Corona Covid-19.

"Kami lakukan konsep baru penyekatan agar lebih tertib dan rapi dengan kanalisasi," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo, seperti disitat dari laman resmi NTMC Polri, Rabu (7/7/2021).

Lanjutnya, kanalisasi ini dilakukan dengan memisahkan kendaraan dan membaginya dalam beberapa jalur. Untuk tenaga kesehatan (nakes) sendiri akan ada jalur khusus. "Dipisahkan (antara) motor, mobil dan jalur khusus nakes," jelasnya.

Sementara itu, kanalisasi ini dilakukan di empat titik penyekatan yang merupakan pintu masuk ke Jakarta. Lokasinya tersebut, antara lain Kalideres, Lenteng Agung, Kalimalang, Panasonic Jl Raya Bogor.

Selain untuk mengantisipasi kemacetan, kanalisasi ini juga dilakukan agar antrean kendaraan yang akan diperiksa menjadi lebih teratur dan rapi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan

Seperti diketahui, penyekatan PPKM darurat di beberapa ruas jalan Jakarta telah menimbulkan kemacetan. Kemacetan terjadi karena adanya pemeriksaan petugas di lapangan.

Petugas menyekat mobilitas pengendara di luar sektor esensial dan kritikal. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Infografis PPKM Darurat Jawa Bali 3-20 Juli 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.