PPKM Darurat Sudah Berjalan, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Jadwal

Oleh Fahmi Rizki pada 05 Jul 2021, 17:04 WIB
Diperbarui 05 Jul 2021, 17:04 WIB
Transjakarta lakukan penyesuaian jam operasional saat PPKM Darurat
Perbesar
Transjakarta lakukan penyesuaian jam operasional saat PPKM Darurat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Moda transportasi Transjakarta yang menjadi sarana bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya dalam beraktivitas, akan mengalami penyesuaian jam operasionalnya.

Hal ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Nomor 259 Tahun 2021 Tentang Pemberlakukan Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi dalam rangka Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19.

Dalam keterangannya resminya, Direktur Operasional PT Transjakarta, Prasetia Budi, menjelaskan pihaknya langsung melakukan penyesuaian terkait jam operasional untuk mendukung program pemerintah terkait PPKM Darurat.

"Mulai hari, Minggu, 4 Juli 2021 layanan Transjakarta akan dipangkas sehingga hanya melayani masyarakat mulai pukul 05:00 hingga 20:30 wib. Sementara untuk layanan kesehatan akan beroperasi mulai pukul 20:30 sampai 21:30 wib," jelas Prasetia, dalam keterangan resminya.

Selain itu, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan pada moda transportasi tersebut, Transjakarta juga turut melakukan pembatasan mengenai kapasitas angkut dalam pengoperasiannya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Daya angkut penumpang juga dibatasai selama PPKM Darurat

Daya angkut Transjakarta juga ikut disesuaikan saat kebijakan PPKM Darurat
Perbesar
Daya angkut Transjakarta juga ikut disesuaikan saat kebijakan PPKM Darurat. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kini, terkait adanya regulasi PPKM Darurat, Transjakarta hanya mengangkut 50 persen dari kapasitas normal.

Jika diuraikan mengenai daya tampungnya, PT Transportasi Jakarta sudah memiliki ketentuan bahwa untuk bus gandeng hanya boleh diisi sebanyak 60 pelanggan, bus sedang 30 pelanggan, bus kecil maksimal 15 pelanggan dan 5 orang pelanggan.

“Untuk memastikan semua berjalan sesuai aturan, Transjakarta menurunkan sebanyak 72 orang Satgas Covid. Satgas-satgas inilah yang akan beekeliling secara mobile ke setiap armada dan memastikan semua Protokol Kesehatan (Prokes) berjalan dengan baik,” tambah Prasetia.

Di luar itu, Transjakarta tetap menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk selalu menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19

Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya