Sukses

PPKM Darurat Sudah Berjalan, Transjakarta Lakukan Penyesuaian Jadwal

PT Transportasi Jakarta mulai melakukan penyesuaian terkait adanya PPKM Darurat yang dijalankan oleh pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Moda transportasi Transjakarta yang menjadi sarana bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya dalam beraktivitas, akan mengalami penyesuaian jam operasionalnya.

Hal ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Nomor 259 Tahun 2021 Tentang Pemberlakukan Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi dalam rangka Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19.

Dalam keterangannya resminya, Direktur Operasional PT Transjakarta, Prasetia Budi, menjelaskan pihaknya langsung melakukan penyesuaian terkait jam operasional untuk mendukung program pemerintah terkait PPKM Darurat.

"Mulai hari, Minggu, 4 Juli 2021 layanan Transjakarta akan dipangkas sehingga hanya melayani masyarakat mulai pukul 05:00 hingga 20:30 wib. Sementara untuk layanan kesehatan akan beroperasi mulai pukul 20:30 sampai 21:30 wib," jelas Prasetia, dalam keterangan resminya.

Selain itu, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan pada moda transportasi tersebut, Transjakarta juga turut melakukan pembatasan mengenai kapasitas angkut dalam pengoperasiannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daya angkut penumpang juga dibatasai selama PPKM Darurat

Kini, terkait adanya regulasi PPKM Darurat, Transjakarta hanya mengangkut 50 persen dari kapasitas normal.

Jika diuraikan mengenai daya tampungnya, PT Transportasi Jakarta sudah memiliki ketentuan bahwa untuk bus gandeng hanya boleh diisi sebanyak 60 pelanggan, bus sedang 30 pelanggan, bus kecil maksimal 15 pelanggan dan 5 orang pelanggan.

“Untuk memastikan semua berjalan sesuai aturan, Transjakarta menurunkan sebanyak 72 orang Satgas Covid. Satgas-satgas inilah yang akan beekeliling secara mobile ke setiap armada dan memastikan semua Protokol Kesehatan (Prokes) berjalan dengan baik,” tambah Prasetia.

Di luar itu, Transjakarta tetap menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk selalu menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.