Sukses

Benda Motorcycle Rilis Cruiser Murah Meriah

LFC700 merupakan cruiser garapan Benda Motorcycle yang dibanderol murah meriah.

 

Liputan6.com, Jakarta - Benda Motorcycle yang merupakan pabrikan kendaraan roda dua asal Tiongkok membuat gebrakan dengan menghadirkan motor gede (moge) bergaya cruiser dengan banderol murah meriah. Motor itu adalah LFC700. 

Versi Standar dibanderol dengan harga CNY 38.800 atau setara dengan Rp 86 jutaan, sedangkan versi High Power atau yang lebih premium dikenakan biaya CNY 45.800, atau Rp 102 jutaan.

Dalam hal kinerja, baik model standar dan varian tertinggi menggendong mesin yang sama. LFC700 dilengkapi dengan mesin fuel injection, 4 silinder segaris 680 cc dan pendinginan cairan serta sudah lolos uji emisi Euro 5.

Menariknya, saluran gas buang mengadopsi underbelly. Ini adalah konfigurasi mesin yang cukup unik untuk sebuah motor Cruiser.

Buat varian standar sanggup melepaskan tenaga sebesar 84 Hp dan 60 Nm. Sedangkan versi termahal bisa menghasilkan 92 Hp dan 63 Nm. Selain itu, model dengan daya lebih besar mendapat kopling slip-and-assist.

Semua output di transfer ke ban belakang berukuran besar melalui transmisi manual 6-percepatan yang digerakkan oleh rantai.

Pabrikan mengklaim bahwa LFC700 standar dapat mencapai kecepatan tertinggi 100 mph atau 170 kpj. Versi daya tinggi, dikatakan mampu mencapai 121 mph atau 195 kpj. Dan masing-masing mendapat tangki bahan bakar berkapasitas 20 liter.

Diferensiasi tiap tipe juga dibedakan dengan perbekalan fitur. Selain mendapat slipper assist clutch, varian mahal juga mendapat suspensi merek KYB. Terdiri dari USD di depan dan monoshock belakang yang dapat disesuaikan.

Lengan ayun tampak kekar dan kuat. Ukurannya cukup lebar untuk mengakomodasi ban belakang besar. Boleh dibilang lebarnya lebih dari satu kaki.

Kemudian untuk sektor penghenti laju, versi standar dipasangkan kaliper Nissin, sedang tertinggi dilengkapi Brembo yang mengesankan. Meski begitu, keduanya disediakan pengereman ABS.

Namun LFC700 yang sudah diproduksi ini tidak memiliki sistem ride-by-wire dan cruise control. Beda dengan versi prototipe saat pertama kali dipamerkan. Ini mungkin dilakukan untuk menekan ongkos produksi.

Selain itu, motor ini memiliki kluster instrumen TFT penuh warna dengan navigasi built-in dan rangkaian lengkap lampu LED, untuk pencahayaan di malam hari makin maksimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tampilan Mirip dengan Model Konsepnya

Secara tampilan, platform desainnya tidak jauh berbeda saat pertama kali muncul dalam bentuk purwarupa. Mengusung gaya futuristis.

Bisa dikatakan mirip seperti motor yang sering muncul di film bertema sciene fiction (sci-fi). Terdapat banyak lekukan tegas di sekujur tubuhnya.

Menampilkan sasis cast-alloy besar yang menyatu ke dalam unit jok, menciptakan postur yang panjang dan rendah.

Nuansa ini mirip Ducati Diavel. Paling mencolok tampak pada lampu utama. Di dalamnya terlihat seperti kisi-kisi kipas persis turbin pesawat terbang.

Walau Benda tergolong merek yang kurang terkenal di Cina, niat perusahaan benar-benar ingin go-internasional. Itu dibuktikan dengan beberapa jaringan penjualan yang sudah sampai benua Eropa.

Otomatis dirinya bakal bersaing dengan cruiser produk global seperti Kawasaki Vulcan S, Honda Rebel dan beberapa tipe dari Harley Davidson.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.