Sukses

Kendaraan Ramah Lingkungan Terbaik, Honda Civic Ini Gunakan Mesin Tenaga Dengkul

Sekelompok pemuda masih melakukan modifikasi Honda Civic dengan tenaga dari sepeda yang dikayuh atau digowes oleh dua orang

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik kini tengah dikembangkan banyak pabrikan otomotif dunia. Berbagai teknologi diperkenalkan, mulai dari hybrid, plug-in hybrid, hingga baterai penuh. Selain itu, terdapat juga mobil dengan energi terbarukan seperti hidrogen.

Tapi, berbeda dengan sekelompok pemuda kreatif ini. Alih-alih membuat mobil tanpa emisi, mereka melakukan modifikasi Honda Civic dengan tenaga dengkul dengan sepeda yang dikayuh atau digowes dua orang.

Mengutip Motor1, dari tayangan yang diunggah oleh channel bernama Life OD di salah satu platform pemutar video, kontruksi mobil ini cukup sederhana dengan mesin yang sudah keluar dari tempatnya, tapi gearbox masih berada di dalam mobil.

Para pembuat mobil ramah lingkungan ini melepas roda belakang sepeda, dan membangun bingkai untuk memasangnya di atas mobil.

hasilnya, dua orang di atas sepeda dapat mengayuh untuk menggerakan mobil. Sedangkan satu orang berada di balik kemudi, yang bertanggung jawab untuk menyetir dan memindahkan transmisi yang sesuai.

Untuk mencoba mobil nol emisi ini, para pembuatnya memutuskan untuk mengendarainya ke McDonald's setempat. Dengan tenaga dengkul ini, mobil bisa melaju dengan kecepatan 2 mil per jam, yang lebih lambat dari rata-rata orang berjalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi pusat perhatian

Mobil nyentrik ini, tentu saja mendapatkan perhatian dari orang di sekitar dan hampir semua yang melihat mobil ini, mengeluarkan handphone-nya untuk merekam kendaraan tersebut.

Dengan sedikit perjuangan, akhirnya pengemudi mobil ini berhasil tiba di restoran cepat saji itu, dan melakukan pemesanan melai drive-thru. Setelah mendapatkan pesanannya, perjalanan pulang kembali dilakukan.

Kemudian, terlihat juga polisi tertarik melihat mobil aneh ini, dan menepikan kendaraannya. Tapi, petugas cukup bingung dengan penampilan roda empat jadi-jadian ini, dan membiarkan para pemuda ini untuk tetap mengayuh dan menjalankan mobil tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.