Yamaha MT-09 Terbaru Segera Mendarat di Jepang, Simak Keistimewaannya

Oleh Liputan6.com pada 02 Jul 2021, 10:04 WIB
Diperbarui 02 Jul 2021, 10:04 WIB
Yamaha MT-09
Perbesar
Yamaha MT-09. (Ride Apart)

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha MT-09 terbaru akan menyapa publik Jepang dalam waktu dekat. Kabarnya, nakedbike andalan Yamaha ini tersedia dalam dua varian.

Pabrikan berlambang garpu tala menghadirkan MT-09 SP sebagai opsi lain. Tipe SP dibanderol 1.265.000 Yen atau setara Rp 164,6 jutaan dan tipe standar 1.100.000 Yen atau sekitar Rp 143 jutaan.

Yamaha MT-09 2021 membawa sejumlah pembaruan dan penyempurnaan. Pabrikan telah melakukan beberapa perubahan kontemporer, seperti peningkatan sasis, dan suspensi.

Selain itu, naked bike anyar ini juga mendapat penyegaran di sektor mesin. Ada sedikit revisi sehingga ada peningkatan kapasitas menjadi 890 cc. Model sebelumnya 847 cc. Sementara tubuh juga tak lepas dari pembaruan.

Model ini memiliki desain lebih ramping dan agresif dibanding pandahulunya. Dari tampang jauh berbeda ketimbang model sekarang.

Usungan empat buah lampu projector tak lagi terlihat. Diganti dengan satu unit saja. Ukurannya lumayan besar dan secara keseluruhan bagian ini jauh lebih modern.

Ditambah lagi penambahan sepasang DRL LED yang mendampingi headlamp. Jenis lampu serupa pun kini teraplikasi di lampu sein - bukan bohlam seperti unit kode produksi 2020.

Penegasan sosok Master of Torque nan agresif diperlihatkan pula melalui pahatan cover tangki. Cover pelindung tampungan bahan bakarnya berubah.

Dilakukan untuk mengeksploitasi bagian rangka baru aluminiumnya yang jelas lebih kekar. Sebagai bentuk penyesuaian sasis utama, area subframe dan swingarm tampak berbeda.

Bagian sepatbor atau tempat bersarangnya lampu sein terlihat lebih molor ke belakang. Tak terlihat lagi wheel hugger sebagaimana model 2020.

Jantung mekanik juga alami pengembangan. MT-09 2021 tidak lagi menggendong mesin tiga silinder 847 cc, melainkan membengkak jadi 890 cc. Otomatis output meningkat dari versi sebelumnya.

Sekarang dia sanggup melontarkan daya sebesar 120 Hp pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm di 7.000 rpm. Selisih lumayan banyak dari model sbeelumnya dengan pencapaian masing-masing 114 Hp pada 10.000 rpm dan 87,5 Nm di 8.500 rpm.

Power besarnya itu disalurkannya ke roda belakang lewat transmisi enam percepatan. Tetap menyajikan perangkat Assist and Slipper Clutch agar pengoperasian kopling menjadi ringan.

Selain itu, bertugas juga mengeliminir gejala roda belakang terkunci saat terjadi downshift secara cepat. Satu lagi, MT-09 2021 sudah memenuhi standar regulasi emisi gas buang Euro 5.

Fitur lain untuk kenyamanan berkendara sudah termasuk sistem IMU 6-axis, Slip Control System (SCS), Brake Control System (BC), Antilock Braking System (ABS), dan Traction Control System (TCS) dengan tiga level penyetelan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Varian SP

Sementara buat varian SP mendapat beberapa diferensiasi. Penyajian kelir, jok dihiasi jahitan ganda alias double stitching dan swingarm aluminiumnya difinalisasi dengan pengerjaan anodize.

Serta sudah dipasangi suspensi belakang tunggal dari Ohlins. Secara kemampuan pastinya lebih baik dari pada MT-09 standar.

Sepeda motor garapan produsen berlogo garpu tala ini tersedia dalam tiga pilihan warna. Sama seperti pasar global, Yamaha MT-09 spek Jepang hadir dalam warna Pastel Dark Grey, Deep Purplish Blue Metallic, atau Matte Dark Grey Metallic.

Kedatangan Yamaha MT-09 2021 ke IndonesiaAda kemungkinan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasukkan MT-09 2021 ke sini. Karena tergolong produk global, naked bike anyar ini pastinya tak hanya menjadi konsumsi motoris di Eropa atau Jepang saja. Sebagai contoh di Indonesia. 

MT-09 Edisi 2020 sudah dijual sejak Agustus 2020. Setidaknya YIMM bisa merilisnya akhir tahun ini. Namun bila dilihat dari situasi pandemi yang tak kunjung selesai, bisa jadi kehadirannya mundur hingga tahun depan. Kita tunggu saja kabar baiknya. 

Sumber: Oto.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis PPKM Darurat Jawa Bali 3-20 Juli 2021

Infografis PPKM Darurat Jawa Bali 3-20 Juli 2021. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis PPKM Darurat Jawa Bali 3-20 Juli 2021. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya