Sukses

Tak Sampai Rp 300 Juta, Benelli 1200GT Jadi Grand Tourer Termurah Sejagad

Grand Tourer Benelli 1200GT resmi diniagakan. Harga sangat terjangkau untuk motor berperawakan besar dengan fitur melimpah, yakni 99.800 Yuan atau Rp 224 jutaan.

Liputan6.com, Jakarta - Grand Tourer asal Cina, Benelli 1200GT akhirnya resmi diniagakan. Harganya sangat terjangkau untuk motor berperawakan besar dengan fitur melimpah, yakni 99.800 Yuan atau Rp 224 jutaan.

Benelli 1200GT menyandang predikat sebagai motor gede (moge) buatan Cina terbesar yang saat ini sedang diproduksi. Salah satu sorotan utama tentu saja mesinnya.

Sesuai nomenklatur, GT memangku jantung mekanis 1.209 cc tiga silinder segaris. Ia sanggup menoreh daya maksimal 134 Hp di 9.000 rpm. Sementara mengail torsi 120 Nm memuncak pada 6.500 rpm, alias muncul sejak putaran rendah.

Dipastikan jambakan tenaga begitu terasa meski bobotnya ekstra. Kecepatan puncak pun disebut bisa mencapai 200 kpj.

GT mengusung desain bongsor. Bodinya benar-benar merepresentasikan sebuah cruiser mewah. Membawa gaya semi-fairing klasik futuristik. Interpretasi yang juga ditemukan pada Honda Gold Wing maupun BMW R 1250 RT.

Boleh dibilang, ia menempati kasta tertinggi Benelli jika berkaca pada line up yang tersedia. Dirinya pun siap menantang kompetitor dari Jepang dan Eropa yang lebih dulu serta punya banyak penggemar.

Memiliki visor dan fairing besar dan memanjang ke bawah hingga menutupi mesin. Bagian kokpit diberi saluran udara untuk pembuangan panas mesin. Mengenakan model sadel lebar dan tebal, serta dibuat pemisah bertingkat dengan area penumpang. Demi bisa menyangga pinggang sang rider.

Selain sebagai sepeda motor terbesar, 1200GT juga paling berteknologi yang diluncurkan dari jalur perakitan Benelli. Soal pencahayaan, sorot sinarnya pasti cukup menerangi jalan gelap. Sebab lampu utama begitu besar dan sudah memakai LED serta DRL.

Ia sudah mengadopsi sistem keyless, penghangat jok, grip, dan beberapa pemanja lain. Uniknya, cruiser ini bisa mengontrol kaca spion hanya menggunakan tombol. Mulai dari melipat hingga mengatur kaca, pengendara cukup mengaturnya dari sentuhan jari. Fitur sederhana namun fungsional.

Karena punya dimensi cukup besar, Benelli memberikan kamera berkualitas HD, baik di depan dan belakang, demi bisa memvisualisasikan keadaan sekitar lebih jelas.

Semua itu diterjemahkan ke layar TFT 5 inci full color di dashboard. Sekadar informasi, di motor mewah pun kebanyakan masih mengandalkan radar. Bukan kamera beresolusi tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Lainnya

Menu di layar juga informatif. Data terkait motor dan konsumsi bahan bakar tersaji. Berikut kondisi berkendara real time. Dari mulai posisi gear, suhu, dan lain sebagainya. Hingga catatan tekanan ban juga ada di dalam, mengantisipasi jika ban sedang kekurangan angin. Bahkan telah dilengkapi GPS.

Penunjang kenyamanan untuk pengendaranya, 1200GT dibekali fork upside down yang disuplai oleh KYB. Begitu juga suspensi belakang.

Serangkai peranti deselerasi disupport Brembo. Dua cakram depan dijepit kaliper dua piston masing-masing, sementara belakangnya satu piston. Lengkap beserta ABS dua kanal dari Bosch.

Serta menumpah-ruahkan segala sesuatu yang bisa memanjakan pengendara. Salah satunya kaca depan tinggi yang dapat diatur secara elektronik.

Komponen itu untuk memberi perlindungan terhadap hembusan angin dan memberikan kualitas berkendara yang nyaman. Dalam paket pembelian, sepeda motor mendapat pelindung mesin, side box, dan top box.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.