Sukses

Kreatif Banget, Petani Ini Sulap Traktor Jadi Bertenaga Listrik yang Canggih

Pria ini membuat traktor yang dilengkapi tenaga listrik dan sistem pengisian baterai melalui tenaga surya atau matahari

Liputan6.com, Gujarat - Kenaikan harga bahan bakar minyak yang terjadi di India, ternyata tidak hanya bikin pusing pemilik kendaraan pribadi saja. para pelaku bisnis, juga terpengaruh dengan hal tersebut, seperti di industri transportasi pertanian, dan bisnis lainnya yang tergantung dengan solar atau bahan bakar fosil.

Melihat hal tersebut, seorang petani di Gujarat, India datang dengan solusi yang sangat kreatif. Pria ini membuat traktor yang dilengkapi tenaga listrik dan sistem pengisian baterai melalui tenaga surya atau matahari.

Melansir Cartoq, traktor ini sendiri dapat menarik hingga berat satu ton. Kendaraan yang sering digunakan untuk membajak sawah ini, memiliki panel surya di atapnya, yang digunakan untuk mengisi baterai.

Namun, jika memang tidak ada matahari, traktor ini tentu saja baterai traktor ini bisa diisi dengan menggunakan socket dari rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biaya

Sesuai perhitungan yang dibuat, petani ini bisa menghemat biaya sebanyak 100 ribu rupee atau setara dengan Rp19 jutaan per tahun untuk pembelian solar dengan adanya modifikasi traktor ini.

Sebagai informasi, total biaya untuk mengubah traktor berteknologi canggih ini, sebesar 175 ribu rupee atau setara dengan Rp34 jutaan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.