Sukses

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Roof Rack Mobil

Sebelum memasang roof rack, perhatikan 3 hal ini agar lebih maksimal dalam penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta - Demi memberikan kemudahan dalam membawa barang saat berpergian, sering kali pemilik mobil menggunakan kompartemen tambahan berupa roof rack.

Penggunaan komponen ini memang dapat membantu untuk memudahkan, agar barang bawaan tidak semuanya masuk ke dalam kabin. Tidak hanya model tertentu, namun penggunaan ini juga sering diaplikasikan pada mobil hatchback, SUV ataupun wagon.

Biasanya, penggunaan roof rack disiasti oleh para pemilik mobil dengan kapasitas bagasi yang kecil atau kurang mumpuni.

Sebelum membeli peranti tersebut, ada 3 hal yang harus diperhatikan agar penggunaannya lebih maksimal. Simak penjelasannya berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yang Perlu Diperhatikan

1. Ukuran Roof Rack

Mengenai dimensi yang ideal, usahakan jangan melebihi dimensi atap mobil. Hal ini tentunya akan berpengaruh saat mobil berakselerasi di jalan bebas hambatan.

Bukan tidak mungkin, angin yang datang dari depan justru membuat mobil menjadi tidak stabil lantaran dimensi roof rack melebihi ukuran atap mobil.

2. Beban Maksimal

Meski penggunaan komponen ini sangat mengakomodir barang bawaan, namun jangan melebihi bobot yang disarankan.

Usahakan, daya tampung roof rack diisi dengan ideal agar bobot tidak terlalu berlebihan. Pelilih juga barang apa saja yang harus ditempatkan di roof rack tersebut.

Beban yang berlebih pada roof rack, akan berdampak pada tingkat kestabilan mobil. Di mana, hal ini tentu berpengaruh pada center of gravity mobil saat berakselerasi di jalan raya.

Untuk mencari informasi beban maksimal yang dapat ditampung mobil, Anda bisa mengurangi gross weight dengan curb weight. Kemudian kurangi dengan total beban penumpang. Hasil perhitungan itu dapat dimanfaatkan untuk memilih ukuran roof rack. 

3. Bahan Baku Roof Rack

Ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membeli roof rack. Biasanya, bahan baku yang digunakan adalah plastik ABS, di mana penggunaan bahan baku tersebut juga digunakan untuk material lain.

Di samping itu, faktor lain yang juga harus dipersiapkan adalah adanya lapisan pada plastik tersebut. Hal ini berguna agar cat atau permukaan tidak mudah rusak karena terpapar oanas ataupun hujan.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.