Punya Mobil Diesel? Ini 3 Tips Ringan Memaksimalkan Performa Mesinnya

Oleh Fahmi Rizki pada 22 Jun 2021, 20:05 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 20:05 WIB
mesin diesel Toyota 2GD-FTV
Perbesar
Mesin diesel Toyota 2GD-FTV (Toyota)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini mobil dengan mesin diesel sedang kembali naik daun. Karakter yang dihasilkan dari mesin tersebut, memberikan banyak keunggulan ketimbang mobil bermesin bensin.

Tidak hanya dari urusan tenaga yang dihasilkan, tetapi untuk melibas segala medan mobil dengan mesin diesel sangat bisa diandalkan. Terlebih saat kondisi musim hujan, di mana beberapa wilayah daerah DKI Jakarta mengalami kondisi banjir dan genangan air.

Meski mobil diesel sangat bisa diandalkan, namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar mesin tersebut tetap memberikan performa yang luar biasa saat dibutuhkan.

Berikut 3 tips mobil diesel yang harus Anda pahami agar mesin tersebut dapat memaksimalkan performanya:

1. Gas dengan Perlahan

Perawatan mesin diesel
Perbesar
Perawatan mesin diesel

Hal ini perlu diperhatikan karena karakter mesin diesel biasanya tidak bisa secara spontan digas. Untuk memberikan performa yang maksimal, biasakan untuk menekan pedal gas secara perlahan.

Perlakuan menekan gas secara penuh pada rpm awal, justru akan memberikan hasil yang kurang baik untuk mesin tersebut. Di samping itu, teknik ini juga akan memberikan dampak pada efisiensi bahan bakar.

 

2. Jangan Matikan Mesin Sembarangan

Common Rail Direct Injection
Perbesar
Mesin Diesel Common Rail Direct Injection.

Untuk hal yang satu ini kerap dilakukan oleh pemilik mobil bermesin diesel. Mereka sering langsung mematikan mesin ketika sudah sampai tujuan. Padahak, kebiasaan seperti ini tidak baik untuk kesehatan mesin diesel.

Agar mesin diesel turbocharger Anda tetap memiliki performa terbaiknya, berikan jeda sekitar satu sampai dua menit agar suhu panas pada turbocharger kembali stabil. Tujuannya, untuk melancarkan sirkulasi oli yang berfungsi untuk mendinginkan komponen tersebut.

 

3. Penggunaan Solar Berkualitas

Realisasi Pemanfaatan Biodiesel untuk Dalam Negeri
Perbesar
Banner informasi pendataan pengguna solar bersubsidi terlihat di dekat petugas yang tengah bekerja di salah satu SPBU di Jakarta, Rabu (17/2/2021). Kementerian ESDM juga mencatat, pemanfaatan biodiesel telah memberikan perangkat sekitar Rp38,31 triliun. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sering kali, pemilik mobil selalu kompromi soal harga yang ditawarkan untuk sebuah bahan bakar. Solar yang digunakan untuk mesin modern dan didukung dengan turbocharger, harus menggunakan bahan bakar yang berkualitas.

Jika Anda memaksakan menggunakan solar yang di bawah rekomendasi, bukan tidak mungkin ada beberapa komponen mesin mobil yang cepat rusak akibat klasifikasi yang diberikan jauh berbeda.

Di samping itu, penggunaan solar yang tidak berkualitas juga akan memengaruhi performa mesin diesel Anda.

Infografis Mobil Kepresidenan

infografis Mobil Kepresidenan
Perbesar
Mobil Kepresidenan di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓