Perbedaan Sepeda Motor 2 Tak dan 4 Tak yang Perlu Diketahui

Oleh Arief Aszhari pada 23 Jun 2021, 06:02 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 06:02 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meningkatkan ekspor sepeda motor nasional sepanjang tahun 2019
Perbesar
PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meningkatkan ekspor sepeda motor nasional sepanjang tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pecinta roda dua, istilah 2 tak dan 4 tak sudah tak asing lagi. Namun bagi orang awam, istilah tersebut sangatlah cukup asing. Perbedaan motor 2 tak dan 4 tak sering dianggap sepele, tapi sejatinya perlu dipahami lebih jauh terkait hal tersebut.

Biasanya, bagi orang yang belum tahu perbedaan motor 2 tak dan 4 tak, hanya menilai dari suaranya saja. Disebutkan bahwa knalpot motor dua tak lebih bising dan ngebul, sedangkan motor empat tak sebaliknya. Selain itu, ada pula yang menganggap bahwa perbedaannya hanya terletak pada aspek SOHC atau DOHC-nya.

Nah agar tidak keliru, ini perbedaan keduanya seperti dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia:

Jumlah Komponen Mesin

Komponen pada mesin dua tak lebih sedikit dibandingkan dengan mesin empat tak. Komponen mesin dua tak lebih sedikit karena tidak adanya klep in maupun klep out serta noken as.

Oli yang Digunakan

Mesin motor empat tak hanya perlu menggunakan satu jenis oli saja, sedangkan mesin motor dua tak memerlukan oli samping sehingga tidak cukup hanya dengan menggunakan satu jenis oli saja.

Bukan tanpa alasan tentunya mengapa motor 2 tak membutuhkan oli pendamping. Hal ini karena oli samping digunakan sebagai pelumas bagi komponen mesin seperti ring piston, kruk as, piston, serta bearing kruk as.

Hasil Pembakaran di Knalpot

FOTO: Tak Terbendung, Pemudik Motor Diizinkan Melintas di Posko Penyekatan Kedungwaringin
Perbesar
Antrean pemudik motor saat melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/5/2021) dini hari. Polisi kembali memberlakukan diskresi terhadap pemudik motor karena jumlahnya tidak terbendung. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Karena membutuhkan pelumas, maka knalpot mesin 2 tak lebih ngebul atau banyak mengeluarkan asap karena oli samping ikut terbakar di ruang mesin dan dikeluarkan melalui knalpot. Sedangkan mesin 4 tak lebih ramah asap.

Mesin 4 tak tidak mengeluarkan asap pada knalpotnya. Malah apabila mesin 4 tak pada knalpotnya mengeluarkan asap, bisa dipastikan mesin motor mengalami masalah atau bahkan kerusakan.

Jumlah Langkah Piston

Perbedaan selanjutnya yaitu pada langkah piston. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin dua tak pembakaran yang terjadi pada mesin hanya 2 langkah piston. Namun pada motor dengan mesin 4 tak maka dibutuhkan 4 langkah pembakaran dalam setiap piston.

Infografis Motor Listrik

infografis motor listrik
Perbesar
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓