Sukses

Sentuh Indonesia Timur, PLN Dirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

PLN meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum pertama di Indonesia Bagian Timur.

Liputan6.com, Makassar - Target pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan infrastruktur dalam memudahkan pemilik mobil listrik atau motor listrik untuk mengecas baterai kendaraan.

Dalam hal ini, pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mattoanging, Makassar, Sulawesi Selatan.

Keberadaan SPKLU tersebut pun mendapat apresiasi dari pemerintah setempat. Menurut Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan ini adalah sebagai salah satu langkah pemerintah untuk memenuhi komitmennya terhadap keberadaan kendaraan listrik di Indonesia.

“SPKLU menjadi tanda komitmen PLN untuk mendukung pemerintah guna mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai,” jelas Andi Sudirman dalam peresmian tersebut.

Dengan keberadaan SPKLU tersebut, PLN juga berharap dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pengusaha penyedia kendaraan listrik di wilayah tersebut. Dengan begitu, penerimaan era baru akan semakin dirasakan oleh masyarakat.

“Hadirnya SPKLU ini dapat mendukung terwujudnya Electrifying Lifestyle di masyarakat dan mendukung para pengusaha penyedia kendaraan listrik dalam menyediakan kendaraan listrik,” tambah Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memiliki Spesifikasi Pengisian Cepat

SPKLU yang diresmikan tersebut memiliki spesifikasi yang mumpuni. Menurut keterangan resminya, SPKLU Mattoanging ini dilengkapi dengan pengisian daya 25 kilo Watt.

Dengan spesifikasi tersebut, memungkinkan pelanggan untuk melakukan pengisian ulang baterai hanya dalam waktu 30 menit.

Selain itu, demi memudahkan pengguna kendaraan listrik, SPKLU tersebut juga sudah terintegrasi dengan aplikasi Charge.IN yang dapat mengontrol dan memonitor pengisan baterai mobil atau motor listrik di stasiun-stasiun pengisian atau SPKLU.

Aplikasi PLN Charge.IN sudah tersedia di google playstore, sehingga saat ini masyarakat dapat menikmati kemudahan dalam mengisi daya kendaraan listrik.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • SPKLU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum.

    SPKLU