Kencan Bersama Wuling Almaz RS yang Punya Segudang Fitur Canggih dan Memikat

Oleh Gilar Ramdhani pada 21 Jun 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 14:18 WIB
Wuling Almaz RS
Perbesar
Wuling Almaz RS. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Pilihan mobil SUV untuk konsumen Tanah Air semakin bertambah dan menarik dengan kehadiran Wuling Almaz RS. Mobil yang diperkenalkan pertama kali pada 18 Maret 2021 lalu oleh Wuling Indonesia ini mengusung segudang fitur canggih, baru dan melimpah untuk mobil dengan kisaran harga di bawah Rp 400 juta.

Bukan Wuling namanya bila tidak membuat kejutan di setiap produk baru yang diluncurkan. Pabrikan asal Tiongkok ini kembali mengedepankan teknologi baru dan canggih, serta harga yang kompetitif. Predikat sebagai pabrikan yang tidak pelit fitur semakin terlihat dari mobil Wuling Almaz RS.

Yuk kencan sejenak bersama Wuling Almaz RS agar lebih kenal dan mengetahui segala kelebihannya.

1. Exterior

Dari awal Wuling Almaz sudah mengusung desain sporty & stylish. Nah, seri terbaru Almaz RS bisa dibilang adalah penyempurnaan dan lebih detail. Mobil ini tampil semakin sporty, stylish, dan tangguh. Terlihat dari desain grill yang futuristik ditambah garis merah menarik yang melilit di bagian buritan. Style sporty semakin tegas dengan model knalpot baru dengan lubang ada di kiri dan kanan. Semakin terlihat gahar dengan Integrated Future Eyes LED dan Rear Tail Light Close Up.

2. Interior

Interior Wuling Almaz RS
Perbesar
(Dok. Wuling Indonesia)

Memasuki kabin Wuling Almaz RS, Anda pasti akan dibuat terkejut. Dengan harga di bawah Rp 400 Juta, Almaz RS memiliki interior serba premium. Sebagai informasi, Wuling Almaz RS hadir dalam dua varian, EX dan Pro. Untuk Almaz RS EX terdiri dari pilihan 5-seats dan 7-seats, sementara Almaz RS Pro hanya tersedia 7-seats.

Dari bagian kemudi, setir dilengkapi tombol-tombol canggih dan balutan kulit. Tersedia layar 7 inch LED Multi-Instrument Display untuk memantau mobil secara komplit. Selain itu, ada 10.4" Smart Multimedia Wireless dengan Screencast dan Audio System didukung oleh Infinity by Harman untuk bisa menikmati berbagai musik favorit. Paling menarik dan memberikan kesan premium adalah Panoramic Sunroof, membuat penumpang bisa merasakan langsung langit yang indah.

3. Ekosistem Pintar Terkoneksi Internet

Wuling Interconnected Smart Ecosystem
Perbesar
Wuling Interconnected Smart Ecosystem. (Dok. Wuling Indonesia)

Wuling meluncurkan teknologi baru dengan nama WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem). Inovasi ini menciptakan ekosistem pintar yang dapat menghubungkan Anda dengan mobil melalui Internet of Vehicle (IoV) dan memaksimalkan keamanan dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Dengan adanya koneksi antara smartphone dengan mobil Wuling, dapat memberikan berbagai kendali dalam genggaman Anda. Didukung perintah suara berbasis bahasa Indonesia yang terhubung ke dalam perangkat navigasi mampu membuat perencanaan rute perjalanan semakin praktis.

IoV memiliki fungsi yang perannya cukup penting dan juga bisa dimanfaatkan untuk "meringankan beban" pengguna mobil. Boleh dibilang, IoV ini bisa sebagai pengganti kunci remote mobil yang serba bisa.

Secara garis besar, IoV memiliki beberapa fitur, di antaranya Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Syarat untuk menikmati fitur ini adalah dengan cara mengunduh aplikasi My Wuling Plus melalui smartphone Anda. 

4. Asisten Pribadi Saat Berkendara

Wuling Almaz
Perbesar
Advanced Driver Assistance System. (Dok. Wuling Indonesia)

Beralih ke ADAS, sistem ini berisi berbagai fitur yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi sehingga meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan.

ADAS sendiri terdiri dari tiga kategori, di antaranya Adaptive Cruise, Lane Recognition, dan Safe Distance & Braking Assistance. Biar jelas manfaatnya, mari bedah singkat secara berurutan.

Pertama, pada kategori Adaptive Cruise, terdapat beberapa fitur seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) berfungsi untuk  membuat mobil bisa melaju tanpa harus menginjak pedal serta mengerem otomatis menyesuaikan mobil di depan.

Saat di depan dideteksi adanya lalu lintas padat, Traffic Jam Assistance (TJA) akan mengambil alih. Fitur ini didukung dengan Intelligent Cruise Assistant (ICA) yang membantu pengemudi saat melewati lalu lintas padat dengan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif, seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif.

Kedua adalah Lane Recognition yang terdiri dari dua fitur, yakni Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keep Assistance (LKA).

Fitur Lane Recognition memungkinkan Almaz RS mengendalikan "dirinya sendiri" atau bisa dikatakan seperti fitur semi otonom karena mobil bisa melaju sendiri mengikuti garis jalan tanpa diarahkan oleh tangan melalui lingkar kemudi.

Dengan pintarnya, fitur LDW akan memberikan peringatan manakala kendaraan keluar jalur tanpa dikehendaki. Sementara fitur LKA secara otomatis akan mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman.

5. Fitur Keamanan Lengkap

Wuling Almaz.
Perbesar
(Dok. Wuling Indonesia)

Teknologi dan fitur keselamatan pada Wuling Almaz memiliki standar yang tinggi untuk memberikan rasa tenang saat Anda berkendara. Wuling Almaz RS sendiri masih menggunakan Front Side Airbags.

Untuk memundurkan mobil, pengemudi dibantu kamera 360 derajat yang bisa memantau setiap rintangan di sekitar mobil. Bekat head unit yang lebar, visibilitas pengemudi makin jelas dan mudah mengatur posisi mobil.

Salah satu fitur unik yang dimiliki Wuling Almaz RS, yaitu ESS (Emergency Stop Signal). Fitur keselamatan ini akan mengaktifkan hazard seketika saat mobil direm mendadak sehingga mobil di belakang bisa menghindari tabrakan. Selain itu, masih ada Hill Hold Control, High Strength Steel Structure, Electronic Stability Control hingga Anti Lock Braking System dan Brake Assist.

6. Fitur-Fitur yang Lengkapi Kenyamanan

Wuling Almaz RS dilengkapi teknologi yang tidak kalah keren. Ada Vehicle Positioning, yang siap memberikan sinyal kalau saja pemilik lupa lokasi ia memarkir mobil. Ada Geo-Fencing Security yang akan memberikan peringatan bila parkirnya terlalu jauh.

Untuk merasakan kabin yang dingin di saat panas terik menyengkat, pengemudi bisa mengaktifkan Vehicle Remote Control. Lalu, teknologi Intelligent Head Beam Assistance yang bisa menyesuaikan ketinggian cahaya headlamp berdasarkan kondisi lingkungan sekitar.

Seperti disampaikan di awal, Wuling Almaz RS hadir dalam dua varian, EX dan Pro. Perbedaan keduanya adalah corak two-tone yang hanya tersedia untuk Pro. Lalu, kelengkapan fitur ADAS pun dibikin beda.

Almaz RS varian EX dilengkapi sensor radar, sementara varian Pro dilengkapi sensor radar plus kamera yang high definition. Secara varian desain, Wuling Almaz EX lebih simpel tanpa corak kombinasi, seperti Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Carnelian Red, dan Starry Black.

Sedangkan Wuling Almaz RS Pro punya empat pilihan two-tone color contohnya Pristine White + Black, Dazzling Silver + Black, Aurora Silver + Black, dan Carnelian Red + Black. Itulah kencan singkat dengan Wuling Almaz RS, flagship terbaru dari Wuling Indonesia.

Ingin memiliki mobil Wuling Almaz RS atau seri mobil Wuling yang lain? Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membeli karena ada relaksasi PPnBM dari pemerintah. Menarik membeli mobil Wuling semakin mudah karena bisa dilakukan via marketplace seperti Tokopedia.

Wuling Almaz.
Perbesar
Wuling Almaz.

Official Account Wuling Indonesia menghadirkan mobil Wuling dari berbagai seri. Seperti Wuling Almaz yang mulai Rp 270 jutaan - Rp 346 jutaan, dari seri Wuling Almaz 1,5 Turbo S+ 6MT hingga Wuling Almaz 1,5 Turbo Lux+ CVT. Kemudian ada Wuling Cortez mulai Rp 240 jutaan dan Wuling Confero yang dibanderol mulai Rp 150 jutaan.

Langsung saja cek harga terbaru mobil-mobil Wuling Indonesia di Tokopedia.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓