Tak Mau Kalah Saing, Jaguar Land Rover Mulai Uji Coba Mobil Hidrogen

Oleh Fahmi Rizki pada 17 Jun 2021, 13:12 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 13:12 WIB
Jaguar Land Rover mulai menguji mobil hidrogen
Perbesar
Jaguar Land Rover mulai menguji mobil hidrogen

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pernyataan resmi akhirnya dirilis oleh pabrikan otomotif Jaguar Land Rover beberapa waktu lalu. Hal ini menyangkut eksistensi mereka untuk mengikuti tren teknologi di industri otomotif.

Dalam pernyataannya, mereka akan melakukan uji coba mobil yang menggunakan tenaga hidrogen-listrik pada akhir 2021.

Masih dalam keterangannya, pengujian mobil bertenaga hidrogen ini murni keinginan dari pabrikan untuk melakukan pengembangan dan evaluasi teknologi.

Dengan begitu, secara tidak langsung mereka menampik bahwa mobil Jaguar atau Land Rover dengan teknologi tersebut akan mengisi ruang pamer di showroom mereka.

Namun, salah satu target mereka melakukan pengujian tersebut juga sekaligus menguatkan komitmen mereka untuk menampilkan mobil tanpa emisi. Targetnya, mereka akan memproduksi kendaraan tanpa emisi dimulai pada 2030 mendatang.

Mobil yang diuji coba ini mengandalkan sel bahan bakar untuk menggabungkan hidrogen dan oksigen dalam proses yang menghasilkan listrik dan hanya menyisakan air sebagai pembuangannya.

Di samping itu, motor listrik yang digunakan untuk menggerakkan roda, serta mengisi baterai juga dapat membantu memberikan asupan daya ketika mobil membutuhkan daya yang tinggi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memiliki Keunggulan Pengecasan yang Lebih Cepat

skema teknologi hidrogen yang diusung oleh Jaguar Land Rover
Perbesar
skema teknologi hidrogen yang diusung oleh Jaguar Land Rover

Jika dibandingkan dengan mobil murni bertenaga listrik, pengembangan hidrogen listrik ini akan memberikan waktu pengecasan yang lebih singkat dari efisiensi waktu.

Prototipe Land Rover Defender yang menjadi pilot project ini merupakan program stimulus yang didanai oleh pemerintah Inggris untuk industri otomotif yang berfokus pada teknologi hijau yang pertama kali diumumkan pada pertengahan tahun 2020.

Sampai saat ini, Jaguar Land Rover terutama berfokus pada kendaraan plug-in hybrid dan baterai-listrik ketika datang ke powertrain alternatif.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Kasus Covid-19 di Jakarta Masih Tinggi, Perlu Rem Darurat?

Infografis Kasus Covid-19 di Jakarta Masih Tinggi, Perlu Rem Darurat? (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Kasus Covid-19 di Jakarta Masih Tinggi, Perlu Rem Darurat? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓