Bangkitkan Sektor Pariwisata, Menparekraf Sandiaga Uno Minta Bantuan Komunitas Motor

Oleh Septian Pamungkas pada 14 Jun 2021, 17:02 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 17:02 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Perbesar
Menparekraf Sandiaga Uno bersama artis dan komunitas motor yang akan menjalani program Wonderful Ride. (Kemenparekraf)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta bikers yang tergabung dalam klub maupun komunitas motor untuk membantu pemerintah guna membangkitkan sektor pariwisata. Hal ini untuk pemulihan sektor pawiwisata yang terdampak pandemi Corona Covid-19 serta menghidupkan ekonomi masyarakat.

"Saya meminta semua komunitas motor ikut membantu pemerintah untuk membangkitkan kembali sektor pawisata dengan berbagai program kreatif yang tentunya bisa menghidupkan ekonomi masyarakat," terang Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, Senin (14/6/2021).

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun mencoba untuk merangsang minat para komunitas motor untuk membangkitkan sektor pariwisata melalui sebuah perjalanan bertajuk Wonderful Ride.

Dengan menggandeng selebritis yang juga penggemar motor, seperti Darius Sinathrya dan Tora Sudiro, serta beberapa komunitas motor, Wonderful Ride akan menyambangi jalur-jalur wisata unggulan di Jawa Tengah pada 15-17 Juni 2021.

"Dengan program Wonderful Ride kita akan melewati jalur-jalur wisata di Jawa Tengah dan bertemu dengan komunitas motor lokal untuk sosialisasi penerapan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental) di kawasan wisata daerah,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Adapun beberapa lokasi yang akan dikunjungi program Wonderful Ride di antaranya Forest Coffee, Candi Arjuna Dieng, Desa Wisata Posong Temanggung, Gua Kriskendo Kulon Progo, Desa Wisata Tuk Songo Borobudur, Tugi Yogyakarta dan Desa Wisata Jagalan.

Tidak hanya pelesiran ke tempat wisata, peserta juga akan melakukan diskusi interaktif dengan komunitas motor, penanaman pohon, serta pembersihan toilet di lokasi wisata.

Dibantu dengan Satgas Jamban, anggota komunitas akan ikut membersihkan fasilitas umum berupa toilet di lokasi-lokasi tersebut agar pengunjung merasa lebih nyaman.

 

Artis Mendukung

Tora Sudiro menyambut baik diadakannya acara Wonderful Ride ini karena bentuk kontribusi positif komunitas motor terhadap dunia pariwisata sambil menikmati hobinya yakni touring.

"Sudah seharusnya komunitas motor itu bersinergi dengan pemerintah untuk ikut mendorong pemulihan dunia pariwisata di Indonesia. Mereka bisa memberikan informasi akses dan fasilitas sebuah tujuan wisata kepada masyarakat dari hasil touring-nya," jelas Tora.

Senada dengan Tora Sudiro, Darius Sinathrya juga mengungkapkan bahwa dibutuhkan kolaborasi antara komunitas motor dengan stake holder di sektor pariwisata dan ekomomi kreatif.

“Sudah banyak contoh berbagai kegiatan bermotor seperti adventure memiliki nilai positif dalam kaitannya dengan dunia pariwisata di daerah. Mereka bisa menjangkau tempat-tempat baru yang berpotensi menjadi tujuan wisata bagi masyarakat umum. Dengan adanya Wonderful Ride akan membuka wawasan bagi para komunitas untuk bisa terus menjaga lingkungan sekitar," tutup Darius.

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓