Sukses

5 Mobil Mewah Ini Sukses Disulap Jadi Kendaraan Balap

Beberapa pabrikan mobil mewah juga tak luput dari buruan tim balap. Berikut 5 mobil mewah yang berhasil disulap menjadi mobil balap

Liputan6.com, Jakarta - Industri balap mobil memang tidak bisa dilepaskan dari dunia otomotif. Segmen motorsport menjadi turunan dari industri otomotif untuk menjadi penopang sebagai ajang pembuktian betapa hebatnya sebuah produk tersebut.

Menariknya, segmen mobil balap tersebut tidak hanya didominasi oleh passenger car biasa, tetapi, ada juga yang menggunakan merek mobil mewah untuk dijadikan mobil balap. Tidak tanggung-tanggung, sekelas Bentley pun juga disulap menjadi mobil yang siap berkompetisi di ajang balap.

Dari beberapa brand mobil mewah, setidaknya ada 5 pabrikan yang menurunkan mobilnya sebagai mobil balap. Tentunya, turunnya mobil mewah ini menarik perhatian lantaran dari sisi harga serta development mobil sangat menguras kantong.

Eksistensi brand mobil mewah ini juga tidak hanya bermain di satu kejuaraan. Tetapi, banyak kejuaraan yang menggunakan mobil-mobil mewah ini untuk unjuk kebolehan dalam kompetisi kejuaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bentley Continental GT3

Mobil ini ditenagai dengan mesin V8 berkubikasi 4.0 liter dengan dukungan twin-turbo. Bicara mengenai tenaga yang dihasilkan, Bentley Continental GT3 mampu menyemburkan tenaga sebesar 750 tk dan 1.000 Nm.

Lantaran tenaga yang begitu buas, mobil balap ini juga sudah disokong dengan beberapa fitur safety unggulan berupa roll bar, pengereman sampai fitur keselamatan lainnya.

Bentley Continental GT3 ini salah satunya digunakan untuk balap Pikes Peak Hill Climb International.

3 dari 7 halaman

2. Lexus RC F GT3

Tidak hanya mobil lansiran Inggris seperti Bentley yang turun di ajang motorsport, tetapi, pabrikan mobil mewah asal Jepang, Lexus, juga ikut ambil bagian dalam kejuaraan dunia.

Adapun mobil mewah yang diturunkan adalah Lexus RC F, di mana mobil ini sudah disesuaikan dengan homologasi FIA sebagai induk motorsport dunia yang mengatur tentang regulasi mobil balap.

Menilik spesifikasinya, Lexus RC F GT3 ini menggendong mesin V8 berkubikasi 5.4 liter dengan semburan tenaga lebih dari 500 tk. Sama seperti mobil balap lainnya, peranti yang dibenamkan, juga sudah meliputi aspek keselamatan tingkat dunia.

4 dari 7 halaman

3. Audi R8 LMS GT3

Pabrikan lain yang juga fokus pada dunia motorsport adalah Audi. Mereka memiliki model yang dijagokan untuk turun di ajang kompetisi, yakni Audi R8.

Audi R8 LMS GT3, sudah dipersiapkan untuk ajang World GT Endurance Championship yang menjadi ajang ketahanan. Dalam balap tersebut, mobil balap brand mewah ini harus siap disiksa dalam beberapa waktu tanpa henti.

Melihat spesifikasinya, Audi R8 LMS GT3 ini dibekali dengan mesin V10 berkubikasi 5.2 liter dengan semburan tenaga sebesar 585 tk dan torsi maksimum lebih dari 550 Nm.

5 dari 7 halaman

4. Aston Martin Vantage AMR GT3

Sama seperti Bentley, pabrikan asal Inggris yang satu ini juga tidak mau kalah. Aston Martin, yang dikenal lewat film James Bond, ternyata juga digunakan untuk mobil balap.

Adapun model yang dijadikan alat tempur adalah Aston Martin Vantage yang sudah dibekali dengan berbagai macam settingan mumpuni.

Untuk bisa tampil beringas, Aston Martin Vantage AMR GT3 ini dibekali dengan mesin V12 berkubikasi 6.0 liter. Bicara mengenai tenaga yang diproduksi, mobil ini mampu menyemburkan 500 tk dan 600 Nm.

Aston Martin Vantage GT3 diturunkan untuk ajang balap British GT Championship.

6 dari 7 halaman

5. Honda NSX GT500

Selain Lexus, pabrikan otomotif Jepang lain yang juga menurunkan mobil mewahnya adalah Honda.

Dalam ajang Super GT Series yang diselenggarakan di Jepang, Honda, punya amunisi NSX GT500. Model ini memang lebih menyasar segmen mobil balap. Hal tersebut terlihat dari lekukan bodi yang begitu aerodinamis.

Mengenai spesifikasinga, Honda NSX GT500 mengusung mesin empat ailinder segaris dengan tambahab turbocharger yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 648 tk.

Untuk memberikan bobot yang maksimal, mobil ini mengadopsi carbon fiber monocoque.

7 dari 7 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.