Sangarnya Ducati Diavel 1260 S Black and Steel Edition

Oleh Liputan6.com pada 12 Jun 2021, 06:08 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 06:08 WIB
Ducati
Perbesar
Ducati Diavel 1260 S Black and Steel edition. (Bikes Republic)

Liputan6.com, Jakarta - Ducati Diavel 1260 S Black and Steel edition resmi dirilis. Motor gede (moge) Italia itu tampak sangar dengan corak yang belum pernah ada sebelumnya.

Moge ini memiliki grafis asimetris yang menggabungkan abu-abu glossy dan hitam matte sebagai warna dasarnya. Ada aksen kuning cerah di sekelilingnya.

Terlihat pada rangka teralis, jok, undertail, pelek dan list lancip di bodi bawah. Secara mekanis, motor ini tidak berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Dan mulai tersedia di pasar internasional bulan depan.

Kehadirannya membuat tambahan visual yang menarik untuk jajaran Diavel. Dan dia menjadi satu-satunya varian S dari Diavel yang sekarang tersedia. Sebelumnya ada 1260 standar dengan warna serbahitam, dan 1260 Lamborghini dengan skema kelir mewah khas supercar.

Menurut Ducati, 1260 S Black and Steel terinspirasi dari konsep Diavel "Materico" yang pernah dikenalkan pada 2019 di Milan Design Week.

Cruiser edisi spesial ini baru ditampilkan pada 10 Juni di Milano Monza (MIMO) Motor Show 2021. Ini merupakan pameran industri otomotif bergengsi di Milan. Parade presentasi untuk Diavel baru juga bakal diadakan di sana. Kabarnya dihadiri oleh Ducati Style Center Director, Andrea Ferraresi.

Menurut Andrea Ferraresi, 1260 S Black and Steel mendorong jajaran Diavel 1260 ke tingkat yang lebih tinggi. Keluarga cruiser Ducati ini memang identik dengan gaya, inovasi dan kinerja.

Model ini juga telah memenangkan penghargaan desain internasional bergengsi seperti “Red Dot Award” dan “Good Design Award”. Ia pun mengungkapkan kegembiraannya terhadap model baru ini.

“Kami sangat senang mempersembahkan versi baru ini di Milan, kota yang selalu menjadi tolok ukur dunia di sektor otomotif dan desain. Khusus Diavel 1260 S “Black and Steel” yang tidak luput dari perhatian. Grafisnya asimetris, kontras antara matt black, abu-abu dan sentuhan kuning telah dirancang untuk meningkatkan kekuatan, desain, dan sporty dari motor ini,” jelas Ferraresi.

 

Performa Mesin dan Fitur Lainnya

Edisi Black and Steel hanya kosmetik, tanpa pembaruan mekanis. Berdasarkan Diavel 1260 S, motor ini ditenagai oleh mesin Testastretta DVT (Desmodromic Valve Timing) 1.262 cc, 2 silinder L-Twin yang mampu memuntahkan power sebesar 162 hp pada putara mesin 9.500 rpm dan torsi 129 Nm pada 7.500 rpm.

Tenaganya itu disalurkan ke roda belakang melalui gearbox enam kecepatan, dipasangkan dengan slipper clutch dan chain final drive. Diavel 1260 S hadir dengan quickshifter naik dan turun.

Pada bagian elektronik, telah dilengkapi cruise control, wheelie control delapan tahap, Bosch ABS Cornering EVO, Ducati Power Launch, traction control, ABS serta beberapa mode berkendara.

Termasuk pula keyless ignition, dan konsol instrumen TFT 3,5 inci full color yang menawarkan konektivitas smartphone melalui aplikasi Ducati Link.

Tugas meredam getaran tetap bertahan dengan unit Ohlins. Suspensi depan terdiri dari garpu 48 mm yang dapat disetel sepenuhnya, dan belakang dengan merek sama yang juga dapat disesuaikan untuk preload, rebound, dan kompresi.

Tugas pengereman ditangani oleh kaliper empat piston Brembo M4.32 monoblok pada cakram ganda 320 mm di depan, dan belakang ada cakram 265 mm yang dicengkeram kaliper Brembo dua piston. 

Sumber: Oto.com

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19
Perbesar
Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓