Sukses

Sosok Yamaha FZ-X Bocor Jelang Debut Perdana

Yamaha ternyata sudah cukup lama menguji sepeda motor FZ-X. Namun baru diketahui oleh publik saat foto spy shot-nya tersebar.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha ternyata sudah cukup lama menguji sepeda motor FZ-X. Namun baru diketahui oleh publik saat foto spy shot-nya tersebar.

Makin kuat lagi kala unit itu melakukan sesi pengambilan video untuk kebutuhan TVC (Television Commercial) atau iklan. Di situlah terungkap kalau wujudnya merupakan naked bike bergenre klasik dengan sentuhan modern. 

Dan informasi terbaru, model ini siap diluncurkan pada 18 Juni di India. FZ-X boleh jadi varian baru dari keluarga FZ. Bila tipe lain merujuk pada model naked bike sport, yang baru lebih ke arah neo retro.

Kalau di Indonesia, mirip-mirip dengan Yamaha XSR155. Punya lampu utama bulat, cover tangki model teardrop, jok model menyatu. Dari foto yang beredar, memakai raiser tinggi dengan setang lebar, membuat posisi berkendara tegak.

Dari dokumen yang bocor, mengungkapkan bahwa motor tersebut menggunakan mesin satu silinder 149 cc berpendingin udara yang bersumber dari jajaran FZ-FI. Bila di Indonesia, basis mesinnya sama seperti Yamaha Byson FI.

Jika iya, berarti dirinya bisa menghasilkan tenaga sebesar 12,4 hp pada 7.250 rpm dan torsi 13,3 Nm. Tidak seperti XSR155 yang sudah pakai pendingin cairan dan sudah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation). 

Walau mengambil basis mesin dari saudaranya, model rangka yang digunakan berbeda. Otomatis dimensinya pun berubah. Yamaha FZ-FI berukuran 1.990 mm x 780 mm x 1.080 mm.

Diharapkan si FZ-X punya bodi lebih ramping karena tidak banyak komponen bodi yang menempel. Namun kalau dilihat dari jarak sumbu roda, sepertinya identik di 1.330 mm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Lainnya

Walau mengadopsi unsur klasik, beberapa sektor sudah mendapat sentuhan modern. Di dalam headlamp yang bulat, sudah tersemat lampu berteknologi LED, lengkap dengan DRL. Sinyal belok masih pakai model lama alias bohlam.

Bentuknya pun mirip dengan varian FZ lain. Panel instrumen tampak besar. Banyak yang berharap sudah full digital serta mendapat fitur konektivitas seperti saudaranya.

Komponen di kaki-kakinya tampak identik dengan versi reguler. Depan suspensi teleskopik dan belakang monoshock. Bedanya di sektor depan diberikan peranti tambahan karet pelindung.

Rodanya pakai pelek model cast wheels dan sudah disematkan pengereman cakram. Perbedaan tampak jelas dari kulit bundar. Ia pakai jenis dual purpose agar menunjang tampilan retro.

Sesuai bocoran dari beberapa media di India, FZ-X siap diluncurkan pada 18 Juni. Undangan peluncuran virtual dalam bentuk poster juga menguatkan dugaan si neo retro.

Di situ tertulis pula tagline ‘Ride Free’ yang merujuk kebebasan berkendara. Dari semua kosmetik yang dijabarkan sebelumnya, tentu ini merujuk pada varian baru FZ.

Yamaha FZ-X diperkirakan punya harga lebih mahal Rs 5.000 hingga Rs 10.000 (Rp 1 jutaan sampai Rp 2 jutaan) dari FZS-Fi saat ini yang dijual Rs 1,08 lakh (Rp 21 jutaan). 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Kunci Utama Putus Rantai Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.