Sukses

Motor Listrik Bikinan Mahasiswa Ini Bertenaga Buas

Mahasiswa University of Twente berhasil membuat superbike bertenaga listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Demam motor listrik tidak hanya diikuti oleh pabrikan otomotif, tetapi juga dirasakan oleh mahasiswa. Salah satunya berasal dari University of Twente, Belanda, yang baru saja memperkenalkan superbike bertenaga listrik yang dibekali dengan baterai listrik.

Motor ini secara keseluruhan dirancang dan dibangun oleh para mahasiswa kampus tersebut. Tujuan mereka membuat ini adalah untuk menunjukan bahwa kesiapan mereka menyambut era motor listrik untuk ajang balap MotoGP.

Meski baru diperkenalkan, superbike listrik ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 kW atau setara dengan 200 Tk. Adapun daya tersebut dihasilkan dari sumber motor AC dengan magnet permanen yang dibuat khusus dan paket baterai lithium-polimer berkekuatan 13,5 kWh yang berisi sebanyak 576 sel.

Mengutip dari rideapart, motor ini dibekali dengan sasis baja berbentuk tabung yang dirancang oleh perusahaan Belanda, Bakker Framebouw dan menampilkan desain teralis yang dikawinkan dengan lengan ayun dua sisi konvensional.

Untuk memberikan handling yang mumpuni, superbike Delta-XE ini mengadopsi suspensi upside down dari CeraCarbon Racing yang menampilkan pengaturan kartrid Ohlins dengan penyangga karbon yang diperkuat dengan bahan ceramic.

Sedangkan pada suspensi belakang, motor ini mengadopsi monoshock dari Ohlins TTX GP yang dipercaya dapat memberikan handling mumpuni saat bermanuver.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibekali dengan Bodi Karbon

Dalam memberikan bobot yang ringan, seluruh bodi terbuat dari serat karbon yang dikombinasikan dengan livery berani dengan sentuhan yang baik.

Hebatnya, Delta -XE ini meskipun belum dites secara resmi, namun kelompok mahasiswa tersebut mengklaim bahwa superbike listrik ini dapat menempuh kecepatan maksimum 300 kpj.

Sementara untuk melesat dari posisi diam hingga 100 kpj, waktu yang dibutuhkan kurang dari 3 detik.

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • Superbike atau akrab dikenal World Superbike (WSBK) merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    Superbike atau akrab dikenal World Superbike (WSBK) merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia

    Superbike

  • Otomotif