Sukses

Goodyear Gunakan Minyak Kedelai untuk Produksi Ban

Goodyear akan memanfaatkan minyak kedelai untuk memproduksi ban kendaraan bermotor

Liputan6.com, Jakarta - Goodyear akan memanfaatkan minyak kedelai untuk memproduksi ban mobil. Langkah ini diambil produsen ban asal Amerika Serikat tersebut sebagai tahapan penghentian penggunaan turunan minyak bumi dalam produksi ban pada 2040. 

Kepala Teknisi Pengembangan Bahan Baku Global di Goodyear Tire & Rubber Company Bob Woloszynek menyebut, minyak kedelai memiliki banyak kualitas yang baik dan sangat cocok dicampurkan sebagai bahan pembuat ban, dan dapat meningkatkan proses produksi serta performa.

"Rencana jangka panjang untuk mengganti penggunaan minyak turunan dari minyak bumi sepenuhnya berjalan sesuai rencana karena keberhasilan yang ditunjukkan oleh penggunaan minyak kedelai," ujarnya.

Selain itu, minyak kedelai merupakan bahan baku yang melimpah dan terbarukan, terutama di Amerika Serikat. Minyak kedelai sendiri merupakan salah satu dari sejumlah bahan baku berkelanjutan yang Goodyear gunakan seperti, abu silika sekam padi dan karet dandelion.

Hasil riset Goodyear dan United Soybean Board (USB) sendiri menunjukkan bahwa penggunaan minyak kedelai dalam kompon ban bisa meningkatkan kelenturan sekaligus daya cengekeram ban pada permukaan jalan.

Selain itu, minyak kedelai merupakan bahan baku yang melimpah dan terbarukan, terutama di Amerika Serikat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Lama Memanfaatkan Minyak Kedelai

Minyak kedelai sendiri merupakan salah satu dari sejumlah bahan baku berkelanjutan yang Goodyear gunakan seperti, abu silika sekam padi dan karet dandelion.

"Meskipun pandemi global mengurangi penggunaan ban konsumen sepanjang tahun 2020, Goodyear masih menjual 126 juta ban secara global yang menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk menggunakan produk yang lebih berkelanjutan," tambah Woloszynek.

Sebelumnya penggunaan minyak kedelai dalam produksi ban Goodyear sudah dikomersialisasikan semenjak 2017 melalui produk Assurance Weather.

Kemudian, produk dengan inkorporasi minyak kedelai terus berkembang tiap tahunnya hingga tahun 2020 melalui seri tipe Comfort Drive.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.