Pandemi Covid-19 Belum Usai, Ini Tips Aman Pakai Masker Saat Berkendara Motor

Oleh Arief Aszhari pada 08 Jun 2021, 11:06 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 13:19 WIB
Kualitas Udara Jakarta Buruk, Warga Beraktivitas Pakai Masker
Perbesar
Pengendara sepeda motor mengenakan masker saat berkendara di Jakarta, Kamis (4/7/2019). Organisasi lingkungan Greenpeace menyatakan kualitas udara Jakarta saat ini terpantau sangat tidak sehat dengan angka 165 AQI atau Indeks Kualitas Udara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan salah satunya menggunakan masker saat bepergian keluar rumah, seperti saat naik motor.

Agar mendapatkan manfaat masker sepenuhnya, berikut adalah beberapa tips memakai masker untuk berkendara dilansir dari laman resmi Federal Oil:

Gunakan masker dengan bahan yang nyaman

Hal yang terpenting saat memilih sebuah masker adalah bahannya. Pastikan masker yang dibeli memiliki bahan yang paling nyaman bagi Anda. Jangan membeli satu jenis masker tertentu karena terlihat keren saja.

Untuk sekarang, bisa memilih masker yang berbahan kain, karena dapat digunakan berkali-kali.

Setelah penggunaan, bisa membersihkannya kembali untuk bisa dipakai berikutnya. Carilah masker yang sesuai dengan bentuk wajah, yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pastikan posisi masker sudah tepat

Setelah mendapatkan masker, pastikan anda telah memakai masker pada posisi yang benar. Normalnya, masker akan menutupi bagian mulut dan hidung anda, sementara tali masker akan dikaitkan di daun telinga.

Apabila jenis talinya merupakan model tali yang bisa diikat sendiri, pastikan untuk mengikatnya tidak terlalu ketat agar anda tidak merasa pusing untuk penggunaan waktu yang relatif lama.

Jangan gunakan masker untuk gaya-gayaan saja

Nah, banyak orang yang sengaja menggunakan masker yang lain daripada yang lain, yang justru berujung pada bentuk masker yang tidak normal.

Ada yang menggunakan masker berbentuk aneh, masker pilot, maupun jenis masker lain yang tidak umum untuk ditemukan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker
Perbesar
Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓