Sukses

Polisi Siapkan Regulasi Penerapan Sistem Ganjil Genap di Tengah Situasi Pandemi

Terkait penerapan kembali sistem pembatasan kendaraan melalui ganjil-genap, Korlantas tengah menyiapkan wacana baru untuk memberlakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Regulasi terkait pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap (Gage) di DKI Jakarta memang belum dilaksanakan kembali. Terlebih setelah adanya pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah terkait mobilitas masyarakat untuk memutus penyebaran virus corona, regulasi tersebut belum diterapkan kembali.

Namun, Korps Lalu Lintas Polri (korlantas polri) tengah melakukan pengkajian terkait penerapan sistem tersebut di tengah kondisi pandemi.

Dalam keterangannya, Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Rusdy Pramana, menjelaskan penerapan ganjil-genap tersebut harus diimbangi dengan kesiapan dari moda transportasi massal.

Menurutnya, dengan kesiapan tersebut diharapkan tidak ada lagi penumpukan masyarakat yang tengah melakukan antrean untuk menggunakan moda transportasi umum tersebut.

"Jadi memang harus dilihat kesiapannya bagaimana, jangan sampai ada penumpukan di moda transportasi umum," ujarnya, seperti dilansir laman resmi korlantas polri.

Memang untuk kembali memberlakukan sistem ganjil-genap, harus ada kajian yang lebih lanjut. Jangan sampai, ketika sistem ganjil-genap diberlakukan, justru akan menimbulkan antrean dan penumpukan di moda transportasi umum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Saja Diterapkan di Sudirman dan MH Thamrin

Untuk wilayah Sudirman dan MH Thamrin, hal tersebut bisa saja dilakukan. Ini disebabkan moda transportasi di sana sudah bisa dijangkau dengan MRT atau Transjakarta.

"Kami sarankan, rekomendasi manakala diterapkan kembali, ganjil-genap pada masa pandemi ini perlu diperhatikan juga kelengkapan sarana dan prasarana moda transportasi angkutan umum," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.