Sukses

Modifikasi Kelistrikan Berpotensi Menyebabkan Kebakaran, Ini Penjelasannya

Ada satu modifikasi yang memang tidak disarankan, yaitu kelistrikan. Pasalnya, jika sudah mencakup soal kelistrikan akan memiliki risiko yang cukup tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, melakukan modifikasi untuk membuat tampilan kendaraan kesayangan semakin keren adalah hal yang wajib dilakukan. Berbagai proses ubahan dilakukan, mulai dari eksterior, interior, maupun mesin atau performa.

Namun, ada satu modifikasi yang memang tidak disarankan, yaitu kelistrikan. Pasalnya, jika sudah mencakup soal kelistrikan akan memiliki risiko yang cukup tinggi

Berikut, seperti disitat dari laman resmi Hyundai Indonesia, alasan modifikasi elektrikal tidak disarankan:

1. Resiko Terbakar

Listrik bisa menghasilkan percikan api dan panas. Bila instalasi yang dilakukan tidak sesuai, maka potensi akan terjadinya kebakaran akan meningkat dan tentunya berbahaya.

2. Aki Cepat Habis

Modifikasi kelistrikan seringkali mengambil daya langsung dari aki. Hal ini seringkali diambil karena mempermudah proses instalasi. Namun, jika tidak benar, hal ini akan memperpendek umur aki sehingga lebih cepat habis atau soak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kerusakan Permanen

Hal ini mungkin jarang disadari. Namun, kelistrikan adalah suatu hal yang sensitif. Bila terjadi kerusakan, bisa menjadi sebuah kerusakan permanen yang sangat sulit diatasi.

Walaupun hal ini sah-sah saja dilakukan, tetapi ingat, ada baiknya selalu mengerti dan memahami resiko dari modifikasi tersebut dan mengerti apa yang dilakukan. Serta, percayakan kepada orang yang ahli di bidangnya untuk mencegah kesalahan.

3 dari 3 halaman

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.