Dipromosikan Vladimir Putin, Rusia Mulai Produksi Sedan Mewah Aurus Senat

Oleh Arief Aszhari pada 02 Jun 2021, 10:02 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 10:02 WIB
Aurus Senat
Perbesar
Mobil Aurus Senat ditawarkan dalam dua varian, yaitu sedan dan limusin.(Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - Rusia telah memulai produksi mobil sedan mewah lokalnya, Aurus Senat. Mobil ini sendiri, sempat dipromosikan oleh sang Presiden, Vladimir Putin.

Melansir Reuters, Rusia meluncurkan rencana line-up Aurus pada 2013, dan dibantu promosi oleh sang presiden dengan mengendarai versi limusinnya saat pelantikan pada 2018 silam. Namun, produksi sedan memang tidak akan berdampak signifikan di inudstri mobil Rusia dalam waktu dekat.

Menteri Perindustrian Rusia, Denis Mantorov mengatakan, mobil ini akan diproduksi sebanyak 200 sampai 300 unit tahun ini. Kendaraan ini rencananya akan dijual dengan harga 18 juta rubel atau Rp 3,5 miliar.

Sebagai informasi, untuk versi yang digunakan Putin, Secara garis besar, desain Aurus Senat terinspirasi dari pabrikan mobil mewah asal Britania Raya, Rolls-Royce. Terlihat dari bentuknya yang seakan-akan merupakan satu bagian utuh sehingga terlihat elegan dan eksklusif.

Menurut sumber yang sama, model standarnya memiliki panjang 5.630 mm dengan jarak sumbu roda 3.300 mm. Sementara itu, varian limusin Aurus Senat memiliki panjang 6.630 mm dan jarak sumbu rodanya bertambah menjadi 4.300 mm.

Berlanjut ke sisi interior, kabin Aurus Senat terlihat begitu mewah dengan penggunaan jok kulit premium, beberapa panel kayu, dan aksen metalik. Dashboard mobil ini juga dilengkapi dengan headunit display lebar dan instrumen panel digital.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kemewahan Kendaraan

Kemewahannya juga terasa di kabin belakang dengan penggunaan reclining seat dan meja lipat. Aurus Senat tentunya dibekali lemari pendingin kecil lengkap dengan gelas kristal dan sistem audio terbaik.

Aurus Senat hadir dalam dua pilihan mesin, salah satunya ialah V8 4.400cc yang disokong oleh motor listrik. Dapur pacu bertenaga 590 Tk ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 9-percepatan dan hanya membutuhkan waktu 6 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam.

Selain itu ditawarkan pula mesin V12 6.600cc. Konfigurasi ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 848 Tk, jauh di atas Rolls-Royce Phantom, 563 Tk.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Perbesar
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓