Sukses

6 Trik Jitu dalam Membersihkan Mobil

Perawatan kendaraan patut dilakukan usai menikmati libur Liburan. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan mobil secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan kendaraan patut dilakukan usai menikmati libur Liburan. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan mobil secara keseluruhan. 

“Usai libur Lebaran, AutoFamily bisa membersihkan dan merawat bodi mobil agar kembali resik dan apik untuk dipakai kembali beraktivitas,” kata Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara dalam keterangan resminya.

Ada enam cara untuk membersihkan kendaraan. Pastikan Anda melakukannya pada mobil kesayangan.

Pertama, cuci bagian luar mobil hingga bersih. Pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil, termasuk kolong mobil.

Setelah dicuci dengan sampo mobil, bilas lalu keringkan dengan lap mikrofiber bagian body-nya hingga benar-benar kering.

Saat ini, mulai masuk musim hujan dan kotoran menempel di kolong mobil untuk menghindari timbulnya karat.

Periksalah bagian yang bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki hingga pertemuan pintu dan rangka mobil.

Kedua, hilangkan noda yang membandel. Periksa mobil dari risiko terkena noda atau jelaga akibat polusi udara, aspal, dan serangga.

Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda, jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret. Untuk kaca, bisa memanfaatkan glass cleaner agar tidak menyebabkan kabut.

Cairan ini juga melapisi kaca sehingga air hujan bisa langsung turun seperti air di daun talas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Lainnya

 

Ketiga, membersihkan kabin mobil, bagasi, dan ruang mesin. Keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun pembersih.

Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan, termasuk area bagasi.

Keempat, hindari menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan, terutama bagian yang terkait dengan kelistrikan dan cukup gunakan lap basah untuk mengangkat kotoran.

Kelima, poles bodi mobil. Poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya resik dan berkilau kembali.

Selain itu, di tahap akhir pemolesan biasanya dilakukan waxing guna memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung untuk menahan paparan sinar matahari.

Keenam, periksa bodi mobil. Kondisi bodi mobil yang bersih dan tanpa noda akan membuatmu bisa memeriksa kondisi kendaraan dengan nyaman. Tandai kalau ada panel bodi yang baret atau penyok. Segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

3 dari 3 halaman

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.