Produksi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Sudah 3.200 Unit

Oleh Liputan6.com pada 30 Mei 2021, 06:02 WIB
Diperbarui 30 Mei 2021, 06:02 WIB
Daihatsu Rocky
Perbesar
Daihatsu Rocky (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Sejak diluncurkan 30 April lalu, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mendapat pemesanan cukup baik, meski pandemi. Cuma masalahnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang merakit kedua mobil baru itu tidak bisa memproduksinya secara normal karena masih menerapkan protokol kesehatan di lingkungan manufakturnya.

Alhasil, kemampuan produksi ADM pun jadi pertanyaan karena terkait waktu tunggu (inden).

Menurut Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, jumlah produksi Rize dan Rocky per 25 Mei lalu mencapai 3.200 unit.

"Dari 3.200 unit yang diproduksi, pasokan ADM untuk Toyota Raize lebih banyak dibandingkan Daihatsu Rocky, karena kan target penjualan Raize juga lebih tinggi daripada Rocky," ujar Amelia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021).

Menurutnya, Raize memiliki target penjualan 2.000 unit per bulan, sedangkan Rocky hanya 500 unit per bulan. Maka itu, tak heran pasokan mobil untuk Raize lebih besar.

Khusus Rocky sendiri, Hendrayadi Lastiyoso, Division Head Marketing & Customer Relation PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengungkapkan pihaknya sudah menerima sekitar 240 unit untuk dijadikan test car, 250 unit buat display di diler-diler, dan 250 unit lagi buat pameran-pameran.

"Khusus unit ke kustomer, kami baru menerima pasokan 700 unit per 24 Mei lalu," jelas Hendrayadi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pabrik ADM

Kondisi pasokan tersebut menyebabkan inden untuk model Rocky. Gambarannya, bila memesan hari ini (25/5/2021), kemungkinan unit kendaraan diterima konsumen pada dua bulan mendatang atau Juli. Inden ini berlaku untuk semua model.

ADM memiliki dua pabrik di Sunter-Jakarta dan Karawang-Jawa Barat. Total produksinya mencapai 530 ribu unit per tahun.

Pabrik Sunter-Jakarta memproduksi model kendaraan: Daihatsu Xenia, Terios, Gran Max, dan Luxio. Sedangkan pabrik Karawang memproduksi dua model Low Cost Green Car (LCGC): Sigra dan Ayla.

Namun per April lalu, pabrik Karawang memproduksi model anyar: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Sumber: Merdeka.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓