Sukses

Produksi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Sudah 3.200 Unit

Sejak diluncurkan 30 April lalu, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mendapat pemesanan cukup baik, meski pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak diluncurkan 30 April lalu, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mendapat pemesanan cukup baik, meski pandemi. Cuma masalahnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang merakit kedua mobil baru itu tidak bisa memproduksinya secara normal karena masih menerapkan protokol kesehatan di lingkungan manufakturnya.

Alhasil, kemampuan produksi ADM pun jadi pertanyaan karena terkait waktu tunggu (inden).

Menurut Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, jumlah produksi Rize dan Rocky per 25 Mei lalu mencapai 3.200 unit.

"Dari 3.200 unit yang diproduksi, pasokan ADM untuk Toyota Raize lebih banyak dibandingkan Daihatsu Rocky, karena kan target penjualan Raize juga lebih tinggi daripada Rocky," ujar Amelia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021).

Menurutnya, Raize memiliki target penjualan 2.000 unit per bulan, sedangkan Rocky hanya 500 unit per bulan. Maka itu, tak heran pasokan mobil untuk Raize lebih besar.

Khusus Rocky sendiri, Hendrayadi Lastiyoso, Division Head Marketing & Customer Relation PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengungkapkan pihaknya sudah menerima sekitar 240 unit untuk dijadikan test car, 250 unit buat display di diler-diler, dan 250 unit lagi buat pameran-pameran.

"Khusus unit ke kustomer, kami baru menerima pasokan 700 unit per 24 Mei lalu," jelas Hendrayadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pabrik ADM

Kondisi pasokan tersebut menyebabkan inden untuk model Rocky. Gambarannya, bila memesan hari ini (25/5/2021), kemungkinan unit kendaraan diterima konsumen pada dua bulan mendatang atau Juli. Inden ini berlaku untuk semua model.

ADM memiliki dua pabrik di Sunter-Jakarta dan Karawang-Jawa Barat. Total produksinya mencapai 530 ribu unit per tahun.

Pabrik Sunter-Jakarta memproduksi model kendaraan: Daihatsu Xenia, Terios, Gran Max, dan Luxio. Sedangkan pabrik Karawang memproduksi dua model Low Cost Green Car (LCGC): Sigra dan Ayla.

Namun per April lalu, pabrik Karawang memproduksi model anyar: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.