Sukses

Padding Helm Sesekali Perlu Diganti, Simak Penjelasannya

Padding atau busa helm harus senantiasa dirawat atau diganti untuk kenyamanan berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi helm memang untuk menunjang keselamatan dalam berkendara menggunakan sepeda motor. Tetapi, dalam penggunaan helm juga harus dikombinasikan dengan kenyamanan agar penggunaan helm menjadi lebih maksimal.

Sebagai salah satu hal yang menunjang kenyamanan dalam penggunaan helm, salah satunya dipengaruhi oleh padding atau busa yang mengisi cangkang helm. Komponen tersebut kadang abai untuk dirawat atau diperhatikan oleh pemiliknya.

Sejatinya, untuk padding helm juga ada usia pakai yang harus diperhatikan. Bukan berarti selama memiliki helm tersebut padding tidak harus diganti. Namun, demi kenyaman serta kebersihan helm, ada baiknya untuk memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian padding helm.

Terlebih ketika helm digunakan untuk kegiatan harian, maka sudah pasti usia pakai dari padding akan berkurang dan akan menyusut seiring penggunaannya. Nah untuk lebih jelas lagi mengenai kapan harus melakukan penggantian padding, berikut kami uraikan perihal penggantian padding helm tersebut.

Untuk menjawab hal ini, Richard Ryan, Direktur RSV Helmet, menjelaskan untuk penggantian padding helm memang mengikuti seberapa sering penggunaan helm tersebut. Ditambah, seberapa sering pula perawatan yang dilakukan pada helm tersebut.

"Sebenarnya untuk kapan padding helm harus diganti, itu enggak ada kepastian waktunya kapan harus diganti. Hal ini tentu tergantung pada pemakaian juga. Untuk penggunaan daily use (harian) dan dilakukan secara berkala, maka selama satu tahun, padding tersebut masih layak untuk dipakai," jelas Richard.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Benar-Benar Dirawat Kebersihannya

Namun sebaliknya, meski helm baru dan tidak ada perawatan terhadap komponen tersebut maka usia pemakaian sebentar pun bisa jadi harus diganti.

"Tapi kalau daily use dan tidak pernah dirawat, bukan tidak mungkin selama dua bulan juga sudah harus diganti paddingnya," tambahnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap padding helm, antara lain adalah langsung membersihkan setelah berkendara.

Terlebih setelah ditempa hujan, maka padding akan kotor oleh keringat dan debu yang menempel.Untuk membersihkannya, cukup menggunakan kain lembab dan dibasuhkan ke padding sampai kotoran tersebut hilang.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin Covid-19 Sinovac dengan AstraZeneca

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.