Sukses

7 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Sendiri di Rumah

Menjaga performa sepeda motor adalah hal yang wajib dilakukan pemilik kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga performa sepeda motor adalah hal yang wajib dilakukan pemilik kendaraan. Dengan begitu, diperlukan perawatan sehari-hari agar kuda besi kesayangan tetap aman dan nyaman saat digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Berikut, tips dari Yamaha untuk melakukan perawatan sehari-hari agar performa sepeda motor tetap terjaga:

1. Memastikan aki dalam kondisi baik dengan cara cek fungsi sistem kelistrikan, cek starter , klakson, dan lampu-lampu.

2. Mengecek level ketinggian oli mesin apakah masih dalam batas normal dengan cara membuka tutup oli dan cek level ketinggian pada stick oli. Biasakan untuk mengganti oli mesin setiap 3.000 KM ke bengkel resmi.

3. Mengecek kebocoran oli dengan melihat apakah ada tetesan oli atau rembesan oli di sekitar bagian mesin, serta cek suspensi depan dan belakang jika ada rembesan oli.

4. Memeriksa sistem pengereman untuk menjaga performa rem tetap optimal dengan 2 (dua) cara: Memeriksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, serta memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengecekan lain

5. Mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal. Tekanan ban normal ban depan : 255 kPa/33 psi dan ban belakang : 250 kPa/36 psi

6. Menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor, untuk mencegah karat pada body motor dan bagian lainnya.

7. Menghidupkan motor yang tidak terpakai agar mesin terlumasi dan kondisi aki terjaga.

Pemeriksaan sejumlah bagian penting dari sepeda motor dapat dilihat juga pada buku petunjuk pemilik, dan bila ada kendala bisa melakukan pemeriksaan di bengkel resmi.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Poin Utama Cegah Klaster Keluarga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.