Sukses

Triumph Scrambler 1200 Steve McQueen Edition Cuma Ada 1.000 Unit

Triumph Scrambler 1200 Steve McQueen Edition resmi dirilis. Triumph Motorcycles menyebut, motor ini dibuat terbatas. Hanya 1.000 unit di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Triumph Scrambler 1200 Steve McQueen Edition resmi dirilis. Triumph Motorcycles menyebut, motor ini dibuat terbatas. Hanya 1.000 unit di seluruh dunia.

Model edisi khusus ini dibuat untuk memberikan penghormatan kepada Triumph TR6 yang ikonik. Kuda besi yang pernah dikendarai oleh Steve McQueen dalam film 'The Great Escape' pada 1963.

Aktor itu juga berprofesi sebagai stuntman dan dijuluki 'King of Cool'. Ia mendapat perhatian para penggilanya karena keberaniannya di atas sepeda motor sepanjang karier filmnya.

Sebagai pembeda dari tipe XE, Scrambler 1200 Steve McQueen Edition hadir dengan memiliki nomor seri. Serta sertifikat kepemilikan yang ditandatangani oleh CEO Triumph, Nick Bloor dan Chad McQueen, putra Steve.

Ia juga mendapat banyak aksesori khusus yang dipasang oleh pabrik bersama dengan skema warna baru.

Di negara asalnya, Inggris sana, motor ini dijual 13.600 Poundsterling atau setara Rp 267 jutaan. Banderol itu lebih mahal 1.000 Poundsterling dibanding versi XE yang memiliki spesifikasi sama.

Utamanya tangki bahan yang dicat ‘Green Competition’, berikan nuansa eksklusif. Dipadukan dengan garis-garis emas yang dilukis dengan tangan untuk membingkainya.

Memiliki tutup pengisi bahan bakar Monza alumunium dan tali tangki baja tahan karat. Dilengkapi dengan engine guard berbahan pipa baja antikarat. Pelindung mesin itu diberikan lapisan yang dipoles dengan cairan khusus. Menawarkan perlindungan tambahan pada penutup kopling dan alternator.

Kemudian disematkan pelindung radiator bermaterial aluminium yang dipotong dengan laser, lebih presisi. Dilengkapi kursi berkulit coklat premium dengan ribbing yang dijahit dan branding Triumph.

Spatbor depan dan belakang juga mendapat ‘Green Competition’. Terlepas dari skema warna baru, sepeda motor tetap sama seperti sebelumnya.

XC dan XE

Selain merilis edisi Steve McQueen, Triumph juga mengenalkan Scrambler 1.200 tipe XC dan XE model 2022. Secara spesifikasi semua sama, bedanya XC berfokus untuk lintasan on-road dan XE dikhususkan buat medan off-road karena bermodalkan ban dual purpose. Hal paling baru yang mereka dapat yakni sudah mengantongi batas emisi Euro 5.

Dalam hal elektronik, seluruh varian Scrambler 1200 mendapatkan teknologi ride-by-wire generasi terbaru dari Triumph. Dikombinasikan dengan enam mode berkendara yaitu; road, rain, sport, off-road, off-road pro (hanya pada varian XE) dan custom yang dapat dikonfigurasi. Alhasil, Anda bisa memaksimalkan kemampuan motor sesuai jalan yang dilalui.

Pengereman ABS, cornering ABS, cornering traction control dan cruise control, memastikan stabilitas pengendara yang lebih baik. Terdapat pula torque-assist clutch, keyless, kunci kontak tanpa kunci, pencahyaan full LED, dan soket pengisian daya USB di bawah jok sebagai fitur standar.

Ada juga konsol instrumen TFT full colour yang menawarkan tiga opsi tata letak tampilan. Masing-masing dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara. Disisipi pula dengan sistem navigasi serta menawarkan kontrol kamera GoPro yang terintegrasi. Triumph Scrambler 1200 XE

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertenaga dan Lebih Ringan

Scrambler 1200 2021 mendapatkan mesin kembar paralel 270°, 1.200 cc SOHC, 8 valve, berpendingin cairan dan sekarang sudah memenuhi Euro 5.

Kuda besi ini menghasilkan 88 hp pada 7.250 rpm sementara output torsi puncak pada 110 Nm yang datang pada 4.500 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan gearbox enam percepatan dan ada juga slipper assist clutch.

Untuk memenuhi standar emisi baru, katalis dipindahkan lebih jauh ke belakang dan sejumlah panel serta penutup samping di dekatnya juga direvisi. Perombakan di sektor itu juga bermanfaat pada pengurangan jumlah panas yang mencapai pengendara.

Para insinyur juga mengutak-atik injeksi udara dan pembakaran pada model 2022, memberi mereka cara baru untuk mencapai target emisi yang lebih rendah. Bonusnya, konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien.

Meski begitu, tidak berdampak pada kehilangan tenaga. Dari perubahan katalis serta penambahan katup pembersih baru, bobot motor terpangkas 13 pound (5 kg).

Motor ini sudah tidak asing lagi bagi pemilik Scrambler 1200 saat ini. Seperti sebelumnya, terdapat suspensi berspesifikasi tinggi dengan shock Öhlins di belakang dan USD Showa di depan.

Buat varian tertinggi dan edisi spesial memakai tabung berdiamter 47 mm warna gold. Sedan tipe rendah berukuran 45 mm dan warnya hitam. Keduanya mendapatkan jarak main 250 mm. Masing-masing juga dapat disetel sepenuhnya untuk preload, kompresi, dan rebound.

Setiap roda dibekali cakram kembar 320 mm dengan kaliper monoblok Brembo M50 Radial di depan dan satu cakram di belakang.

Seperti sebelumnya, motor ini mendapatkan roda 21 inci wire-spoked di depan dan roda 17 inci di belakang. Buat tipe XE dan edisi Steve McQueen dibalut ban dual-sport Metzeler Tourance. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.