Menjajal Toyota Raize 1.0L Turbo Mengarungi Ibu Kota

Oleh Arief Aszhari pada 25 Mei 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Mei 2021, 21:11 WIB
Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan jagoan terbaru di segmen sport utility vehicle (SUV) kompak, Raize. Model ini, tersedia dalam beberapa varian, mulai dari G MT Rp 219 juta, G CVT Rp 233,1 juta hingga strata tertinggi GR Sport CVT TSS two tone yang dibanderol Rp 265,9 juta on the road Jakarta.

Tidak perlu menunggu lama, Toyota juga langsung mengajak beberapa media nasional, termasuk Liputan6.com untuk mencoba mobil bermesin 1.0L turbo ini menjelajah jalanan Jakarta.

Dalam sesi tes kali ini, Liputan6.com mendapatkan varian paling tinggi, yaitu GR Sport CVT TSS two tone. Sebelum masuk ke kabin mobil berkonfigurasi lima penumpang ini, kami cukup dibuat kagum dengan tampilan luar kendaraan yang secara garis besar cukup sporty dan sangat cocok digunakan kaum muda.

Mau tahu ulasan terkait eksterior, interior, fitur, dan performa Toyota Raize? Mari bahas satu per satu:

Toyota
Perbesar
Toyota Raize. (Arief Aszhari / Liputan6.com)

Eksterior

Seperti yang sudah disinggung di atas, Toyota Raize memiliki tampilan yang sporty dengan grille besar membentuk trapesium. Desain ini, jika dibandingkan dengan kompetitornya di Tanah Air, Toyota Raize terasa lebih unggul.

Grille Raize dibuat berkebalikan. Bentuk trapezoidal melebar ke bawah hingga menyatu area fog lamp.

Sementara bagian atas punya grille sendiri yang menyatukan headlamp. Kental nuansa sama seperti desain wajah Agya dan Yaris facelift. Dan untuk pertama kalinya GR Sport jadi varian teratas model Toyota, mengenalkan divisi sport selain TRD Sportivo yang sudah akrab.

Sama juga, sebatas hiasan semata, berupa body kit sekeliling bodi tak lupa emblem GR Sport. Tambahan kesan sporty didapat dari laburan kelir hitam di pelek dan two-tone.

Interior

Interior Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Interior Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)

Masuk ke dalam kabin, kesan elegan langsung terpancar dari mobil ini. Dengan nuansa interior serba hitam, meskipun materialnya masih ada yang menggunakan plastik.

Duduk di bangku pengemudi untuk pertama kali, jok berbalut fabric dan kulit cukup menjadikan tubuh ini terasa nyaman, dan jok memeluk dengan badan dengan optimal.

Headunit (HU) besar berukuran 9 inch menjadi pusat hiburan di mobil ini, dan setir yang terdapat banyak tombol pengaturan, baik untuk hiburan dan fitur mengemudi. Selain itu, pengaturan auto AC sudah tombol digital.

Selain itu, pilihan paddle shift di balik kemudi untuk sensasi berkendara yang memuaskan.

Namun, ketika duduk sebagai penumpang, baik di depan maupun belakang, bagi Liputan6.com yang memiliki tinggi badan 170-an cm dan berat 85-an kg, terasa cukup sempit alias tidak terlalu luas. Efeknya, penumpang tidak terlalu leluasa untuk bergerak, terlebih jika mobil terisi penuh.

Tapi, hal ini masih dalam batas toleransi, karena memang masih terasa cukup nyaman untuk mobil dengan dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Jarak sumbu roda 2.525 mm dengan ground clearance 200 mm.

Fitur

Fitur Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Fitur Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)

Tidak seperti kebiasaan Toyota, Raize ini adalah pengecualian. Dengan harga yang cukup terjangkau di segmennya, namun jenama asal Jepang ini tidak pelit fitur. Bahkan, teknologi yang terdapat di mobil ini bisa dibilang sangat banyak, dan pastinya berguna untuk mendukung sensasi berkendara.

Beragam fitur bisa dilihat dari varian GR Sport, yang menawarkan teknologi keselamatan canggih, yang disebut Toyota Safety Sense (TSS). Airbag 6 titik, fitur yang lebih lengkap seperti Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control.

Sedangkan untuk hiburan dan informasi, meter cluster (MID) 7 inci TFT dengan display interaktif dan modern. Layar dapat diganti dalam empat tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, serta Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lain. Misalnya steering switch, interior illumination, serta interactive 9 inch head unit bergaya floating design.

Konsumen dapat terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur personal reminder. Bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap. Tinggal memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Performa

Mesin Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Mesin Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)

Setelah puas mengulik ekterior, interior, dan fitur, saatnya mencoba Toyota Raize ini. Rute pertama, Liputan6.com langsung mengambil posisi sebagai pengendara. Menyalakan mesin mobil ini, cukup dengan menakan tombol star/stop dan kemudian terdengar suara halus dari mesin berkode 1KR-VET berkapasitas 1.0 L turbo 3-silinder ini.

Pertama menginjak gas, tenaga mobil ini cukup responsif mulai dari putaran bawah. Dari titik kumpul pertama menuju pemberhentian selanjutnya, kami melewati jalur perkotaan dengan lalu lintas yang cukup ramai lancar, meskipun tidak mengalami kemacetan yang berarti.

Saat diajak bermanuver membelah ibukota, mesin Toyota Raize ini bisa dibilang tidak lemot, tapi memang juga tidak terlalu istimewa. Dengan girboks CVT, perpindahan gigi terasa halus, dan memang cocok digunakan di dalam perkotaan.

Untuk menuju tempat pertama, rombongan harus melewati parkiran menanjak sebanyak 13 putaran. Meskipun terisi tiga orang, termasuk pengemudi, mobil ini melibas berbagai tanjakan parkiran tanpa kesulitan berarti.

Menjadi konsentrasi kami, kebanyakan mesin tiga silinder menghasilkan getaran yang cukup terasa. Tapi, untuk Toyota Raize ini tidak terasa berlebihan. meskipun masih ada suara mesin masuk ke kabin, tapi itu sangat kecil sekali dan bahkan bisa dibilang tidak ada noise dari mesin tersebut.

Rute kedua, Liputan6.com sudah beralih menjadi penumpang. Dalam perjalanan menuju tempat selanjutnya, kami melewati kembali jalur perkotaan yang kemudian masuk ke jalur bebas hambatan alias tol.

Berdasarkan penuturan rekan yang menjadi pengendara, mobil ini juga mumpuni untuk diajak ngebut di jalur bebas hambatan. Terlebih, dengan berbagai fitur yang ada, sangat membantu ketika mengendarai kembaran dari Daihatsu Rocky tersebut.

Kesimpulan

Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)
Perbesar
Toyota Raize (Arief A/Liputan6.com)

Dengan harga yang cukup terjangkau, mobil ini kaya akan fitur canggih. Pastinya, mobil ini sangat bisa menjadi alternatif bagi calon konsumen yang membutuhkan sebuah mobil kompak untuk transportasi sehari-hari.

Terlebih lagi, selain semua kelebihan yang sudah dijabarkan, bagasi mobil ini juga sangat fleksibel, dengan mampu menampung berbagai barang bawaan sang pemilik mobil.

Kekurangan mobil ini, sudah kami sebutkan sebelumnya, yaitu bagi penumpang yang memiliki tinggi badan yang mirip dengan kami, pastinya akan terasa sempit dan tidak leluasa bergerak. Tapi, hal tersebut masih termasuk dalam batas wajar, dengan statusnya sebagai mobil kompak lima penumpang.

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓