Presiden Amerika Serikat Joe Biden Ingin The Beast Jadi Mobil Listrik

Oleh Fahmi Rizki pada 24 Mei 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2021, 09:00 WIB
Mobil Dinas Presiden Joe Biden
Perbesar
Iring-iringan mobil dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden tiba di luar Gedung Putih di Washington, DC., Rabu (20/1/2020). Joe Biden menggunakan mobil dinas yang sama dengan yang digunakan oleh Presiden sebelumnya, Donald Trump yaitu Cadillac One. (JIM WATSON / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena kehadiran mobil listrik di dunia menjadi sorotan baru. Baru-baru ini, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, sudah melakukan test drive terkait kendaraan pikap baru dari Ford F-150 yang kini dikenal dengan nama Lightning.

Pasca melakukan kencan singkat dengan kendaraan listrik tersebut, kini, timbul keinginan dari Joe Biden untuk membuat kendaraan dinasnya menjadi mobil listrik. Melansir dari Carscoops, Eamon Javers, koresponden Senior CNBC di Washington, mengatakan bahwa hal tersebut akan menjadi tujuan yang ingin dicapai oleh Joe Biden.

"Tentu saja itu menjadi sesuatu yang dibicarakan oleh Presiden, dan itu memang merupakan tujuan baginya," ujar Eamon Javers, mengutip pernyataan Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki.

Namun, hal tersebut bukan perkara mudah. Pasalnya, untuk spesifikasi yang diusung pada mobil dinas Presiden, memiliki hal yang begitu rahasia. Di samping itu, ada beberapa hal lain yang juga harus disesuaikan serta dikembangkan lagi untuk bisa merubah mobil dinas Presiden tersebut bertransformasi menjadi mobil listrik.

Selain itu, mengenai bobot yang dimiliki oleh mobil dinas Presiden juga menjadi salah satu fokus pengembangan yang dilakukan. Dengan berat yang dimiliki The Beast sebesar 6,8 - 9 ton, seharusnya hal tersebut bukan sesuatu yang sulit. Pasalnya, pabrikan GM sudah mengembangkan Hummer menjadi mobil listrik dengan berat sebesar 4 ton.

 

Mungkin yang Dimaksud Adalah Hybrid

Mobil Dinas Presiden Joe Biden
Perbesar
Iring-iringan mobil Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris menuju Gedung Putih melewati Museum Nasional Sejarah dan Budaya Afrika Amerika (kiri) di Washington, DC, Rabu (20/1/2020). (JIM WATSON / AFP)

Di sisi lain, elektrifikasi yang dimaksud oleh Sekretaris Pers Gedung Putih, banyak diartikan sebagai mobil hybrid. Dengan teknologi tersebut dirasa masih memungkinkan untuk merubah skema Internal Combustion Engine (ICE) menjadi hybrid ketimbang langsung dikonversi ke penggerak listrik.

Dalam melakukan pengembangan mobil listrik untuk Presiden ini juga tidak bisa sembarangan, lantaran beberapa spesifikasi yang dihadirkan merupakan informasi yang sangat rahasia dan tidak bisa dikonsumsi oleh publik demi keselamatan penggunanya.

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓