Sukses

Mengenal Toyota Land Cruiser, SUV Tangguh yang Bawa Jokowi Tembus Banjir Kalimantan

Land Cruiser pertama kali diproduksi oleh Toyota Motor Corporation (TMC) pada 1950

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengunjungi Pulau Kalimantan beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menggunakan sport utility vehicle (SUV) andalan Toyota, Land Cruiser. Momen itu menjadi viral, karena mobil asal Jepang ini terlihat menerobos banjir tinggi di beberapa titik di Kalimantan Selatan.

Toyota Land Cruiser yang ditumpangi Jokowi berada di barisan kedua. Mobil tersebut merupakan varian Land Cruiser 200 dengan spesifikasi dimensi panjang 4.950 mm, lebar 1.970 mm dan tinggi 1.905 mm.

Bagi pecinta petualangan, nama Land Cruiser memang sudah tidak asing lagi. Bahkan, model ini menjadi salah satu pilihan penjelajah dunia karena durabilitasnya di segala medan.

Mengutip pressroomtoyotaastra, Land Cruiser pertama kali diproduksi oleh Toyota Motor Corporation (TMC) pada 1950. Mobil ini dibangun dengan menggunakan basis jip dalam memenuhi kebutuhan pemerintahan pada saat itu.

Pada awal produksi, Land Cruiser mengusung nama Jeep BJ dan FJ. Model ini dipersenjatai mesin berkapasitas 3.400 cc dan enam silinder.

Ketangguhan Land Cruiser sendiri diuji oleh Ichiro Taira (test driver asal Jepang) dengan mengendarai prototipe Jeep BJ hingga tingkat keenam Gunung Fuji, Jepang.

Raksasa otomotif ini kemudian meningkatkan kualitas Jeep BJ dan FJ dengan model terbaru, yaitu seri 20 dan 30, hingga akhirnya diberi nama Land Cruiser oleh Hanji Umehara selaku Direktur Teknik TMC saat itu.

Melalui Land Cruiser seri-20 dan 30, Toyota mulai memproduksi secara massal kendaraan di kelas Jip untuk diimpor ke pasar Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengembangan

 Menjajaki usia 10 tahun, TMC melakukan pengembangan Land Cruiser dengan meluncurkan seri-40 FJ-40. Toyota menghadirkan Land Cruiser FJ-40 dengan dua pilihan mesin bensin 4.200 cc dan diesel 3.600 cc bertransmisi tiga percepatan dengan penggerak empat roda.

Selain itu, Toyota juga memperkuat serta meningkatkan stabilitas struktur sasis dan bodi. Melalui penyempurnaan tersebut, Toyota juga melakukan perluasan terhadap pasar Land Cruiser ke beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Kemudian, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan Land Cruiser pertama kali pada 1971. Toyota optimistis kehadiran Land Cruiser FJ-40 mampu menjawab kebutuhan pasar otomotif Indonesia.

Seri ini sendiri dihadirkan dengan dua pilihan model atap, yaitu kanvas serta hardtop.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.