Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Diuji Coba di Jalanan Eropa

Oleh Liputan6.com pada 18 Mei 2021, 16:09 WIB
Diperbarui 18 Mei 2021, 16:09 WIB
Suzuki Jimny 5 Pintu Bakal Meluncur Akhir Tahun Ini (Cartoq)
Perbesar
Suzuki Jimny 5 Pintu. (Cartoq)

Liputan6.com, Jakarta Suzuki Jimny 5 pintu dilaporkan sedang diuji coba di jalanan Eropa. Mobil dengan nama lain Jimny Long itu diperkuat dengan mesin bensin turbocharged.

Suzuki Jimny 5 pintu memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang 300mm dari varian sebelumnya, Jimny Sierra yang memiliki 3 pintu. Sedangkan penambahan turbocharged digadang-gadang untuk memberikan tambahan tenaga guna mengimbangi penambahan bobot dan ukuran pada mobil ikonis itu.

Menurut Hindustan Times, Suzuki saat ini memproduksi Jimny 3 pintu di pabrik Gurugram yang diekspor ke negara lain. Jimny made in India itu memiliki panjang 3.645 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm.

Sedangkan Jimny yang diproduksi Jepang, disebut Jimny Sierra, memiliki ukuran yang agak lebih kecil, yakni dengan panjang 3.550 mm. Menurut laporan itu, Jimny 5 pintu turbocharge akan dibanderol lebih mahal ketimbang varian Jimny Sierra.

Diluncurkan pada 2022

Suzuki Jimny
Perbesar
Suzuki Jimny berbalut kamuflase. (Autoevolution)

Jimny menjadi salah satu mobil Suzuki yang ikonik dan masih populer di dunia, termasuk Indonesia. Kini Suzuki sedang menyiapkan Jimny dengan versi lebih besar yang dilengkapi 5 pintu dan bakal dihadirkan pada 2022.

Jimny versi lebih besar ini akan dinamai Jimny Long. Awalnya versi konsep akan diumumkan di Tokyo Motor Show 2021, namun event itu dibatalkan karena pandemi COVID-19, menurut media Jepang Mota.

Jimny Long dikembangkan berdasarkan JB74 3 pintu (Jimny Siera di Jepang) yang bermesin 1,5 liter. Ukuran bodinya dengan panjang 3550mm x lebar 1645mm x tinggi 1730mm serta jarak sumbu roda 2250mm. Jimny Long memiliki model 5 pintu dengan jarak sumbu roda yang diperpanjang sekitar 300mm.

Secara signifikan ruang kaki dan ruang bagasi juga ditingkatkan di kursi belakang Jimny 5 pintu ini. Sedangkan untuk mesinnya, akan ditambahkan teknologi turbocharger untuk mengimbangi bobotnya, serta kemungkinan ditambahkan pilihan powertrain hybrid ringan.

Infografis Mobil Kepresidenan RI

infografis Mobil Kepresidenan
Perbesar
Mobil Kepresidenan di Indonesia

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓